in , ,

Belajar Masak Sekaligus Fotografi Seru di FooDelicious

Mengambil tema The Art for Your Business, FooDelicious memberikan pengalaman menarik bagi sobat icip yang berkesempatan datang. Kehadiran Chef Chandra Yuddaswara memberikan wawasan dalam dunia kuliner.

Pada kesempatan tersebut Chef Chandra mendemokan beberapa masakan, yakni Cranberry Walnut Banana Yoghurt Salad dan beberapa menu makanan berat seperti Gulai Ayam, Balado Cumi Udang Tumis Sayur, dan Rendang Telur. Demo masak ini mendapat perhatian penuh dari peserta. Mereka terlihat sangat antusias mencatat resep dan mencicipi makanan Chef Chandra.

Chef Chandra berpesan untuk siapapun yang ingin memulai usaha kuliner agar berani memulai. Juru masak yang telah mengawali karier di dunia kuliner sejak tahun 1997 ini juga bercerita bagaimana suka dukanya menjalani profesi ini.

“Dahulu belum ada chef selebritis, jadi, profesi chef bukanlah pilihan,” kata Chef Chandra dalam acara Foodelicious di Indity Coworking Space, Jakarta, Sabtu (23/11).

“Kalo saya bisa dibilang selalu jalan, coba dulu kalo udah jalan baru berhitung. Mindsetnya jangan mau menang sendiri jadi ada trust dari orang,” tambah dia.

Charlie Sugiri (kiri tengah) dan Chef Chandra Yuddaswara (kanan tengah) memberikan tip-tip seputar kuliner dan fotografi.

Pada kesempatan yang sama, fotografer profesional Charlie Sugiri memberikan berbagai tips dalam memotret makanan. Menurutnya, kita tidak usah terpaku pada properti dan selalu mencoba untuk kreatif.

“Ada banyak trik-trik khusus, seperti yang saya bilang 5W 1 H harus ada di dalam karakter masing-masing foto. Tentuin temanya juga, kalo nuansanya coklat kasih coklat semua. Mau merah, pedes kasih merah semua. Harus ada konsepnya juga,” ujar Charlie.

Charlie juga memberikan workshop singkat tentang food photography yang menjadi keahliannya. Peserta diberi kesempatan untuk memotret hasil makanan yang dibuat oleh Chef Chandra dan ditutor langsung oleh Charlie.

Hal yang harus digarisbawahi adalah menciptakan foto tidak harus selalu menggunakan alat yang mahal. Cukup kamera ponsel dan beberapa trik yang kreatif bisa membuat sebuah foto terlihat lebih menarik.

“Ponsel zaman sekarang udah bagus-bagus kameranya, ada yang dua, tiga bahkan empan lensanya,” tambah Charlie.

Foodelicious ini digelar oleh greenpack sekaligus merayakan ulang tahun keenam mereka. Greenpack sendiri merupakan perusahaan penyedia packaging makanan ramah lingkungan yang berbahan kertas. Peserta yang datang juga berasal dari berbagai latar belakang mulai dari pengusaha catering, freelance, media hingga pebisnis kuliner.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advocate

Written by Rikko Ramadhana

Work hard, pray harder.

Content AuthorYears Of Membership

3 Varian Terbaru Nespresso, Bawa Aroma Nordic Coffee ke Indonesia

“Nyolong dan Nipu”: Tips Fotografi Makanan ala Profesional