Banyak orang Indonesia bilang, kalau belum makan nasi, rasanya masih belum makan.

Banyak orang yang jauh-jauh ke luar negeri, buat sekolah, hingga bekerja dan berkeluarga di sana, girang luar biasa saat nemu mie instan khas Indonesia di toko Asia.

Banyak orang yang menyimpan baik-baik olahan rendang, atau abon, bahkan sambal botolan, saat akan traveling jauh dan lama.

Kita ingat menjadi orang Indonesia, saat ada rasa yang kita kenal akrab bertemu dengan lidah. Kuliner menjadi faktor penting untuk mengingatkan akar kita, tentang siapa kita.

Kuliner juga penting untuk mendamaikan banyak hal, termasuk melancarkan proses negosiasi yang alot.

Saat makan bersama, suasana lebih rileks, lebih santai dan cair. Obrolan-obrolan serius pun jadi bisa tersampaikan tanpa terlalu menyakiti. Mood yang happy membuat kita lebih berprasangka positif.

Kita bisa duduk bersama dengan mereka yang mungkin berbeda dengan kita. Beda pilihan, beda cara pikir, beda pandangan.

Kuliner juga bisa jadi kebanggaan bangsa ketika dilahap di negeri-negeri yang jauh. Ia menjadi semacam duta.

Syukurlah, Indonesia yang kaya akan ragam suku bangsa melahirkan bermacam-macam makanan dan minuman, juga kudapan. Kita punya banyak sekali variasi yang bisa dilahap bersama.

Mari mendokumentasikan kekayaan tersebut bersama-sama Belanga Indonesia.

Melalui media kuliner berbasis komunitas ini, siapa saja boleh berbagi informasi dan inspirasi seputar resep, ulasan destinasi kuliner, hingga opini terkait makanan dan kebudayaan, bahkan teknologi pangan.

Mari berbagi hal baik. Bersama-sama membuat Indonesia menjadi lebih baik.

Beda Rasa, Satu Indonesia.

Pelajari lebih lanjut:


Icip Bareng, signature mini event Belanga ini akan mendekatkan pelaku usaha kuliner lokal dengan penggemar kuliner melalui cerita menarik dan obrolan hangat di meja makan. Mari berkolaborasi.


Ngemil, Ngobrol, Ngevlog (3NG) merupakan acara satu hari merayakan keragaman kuliner Indonesia dari berbagai aspek, dalam format talkshow, mini workshop, sampai bazaar.


Dekatkan brand Anda dengan komunitas kuliner Belanga, dalam bentuk fun cooking & product demo, culinary trip, ataupun aktivitas community gathering lainnya.


Belanga senang berkolaborasi dengan komunitas lain yang sama-sama semangat menjaga keragaman kuliner Indonesia dan menyuarakannya pada dunia. Ayo bareng-bareng bikin ramai!