in ,

Bango Dorong Pengusaha Kuliner Go Dgital!

Bango kembali mengadakan kompetisi “Bango Penerus Warisan Kuliner 2019”. Pada tahun penyelenggaraan ketiga ini, selain ingin tetap melestarikan kuliner Nusantara, Bango juga mengajak para peserta kompetisi untuk belajar soal dunia digital.

Vita Datau, Joy Tarigan dan Ussy Sulistiawaty saat menjelaskan soal Bango Warisan Kuliner dan pentingnya pengusaha kuliner Go-Dgital (Foto: belanga.id/Anisa Giovanny)

Pada 2019, ada 16 juta pelaku UMKM, termasuk bidang kuliner, yang mulai bertransformasi ke ranah digital dan berhasil menaikkan sekitar 80% omset mereka. Sungguh keuntungan yang menarik jika seluruh pengusaha kuliner dapat memahami dunia digital dan bisa mengaplikasikannya dalam bisnis mereka.

“Bango selalu melakukan evaluasi pada setiap kompetisi yang diadakan. Tahun ini kami ingin membuat para pengusaha kuliner melek digital, karena banyak ladang untuk membesarkan usaha dan tentunya melestarikan warisan kuliner Nusantara,“ jelas Joy Tarigan, Managing Director Unilever Food Solutions, dalam acara Bango Penerus Warisan Kuliner 2019, Kamis (22/08) di Jakarta.

Salah satu platform digital yang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha kuliner adalah media sosial. Selain efisien dan lebih cepat, penggunaan media sosial dapat membuat para pemilik usaha berinteraksi langsung dengan para pelanggan dan bisa mendapatkan masukan yang berguna untuk memperbaiki kekurangan bisnis yang sedang dijalani.

“Perlu kombinasi antara visual dan narasi yang kuat dalam melakukan promosi di media sosial. Digital marketing juga harus dipahami. Para pengusaha kuliner harus tahu keunggulan hidangannya dan mampu menceritakannya dengan baik pada konsumen,“ ujar Vita Datau, Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata RI.

Lima pemenang, masing-masing berhak mendapatkan Rp100 juta untuk mengembangkan usaha kuliner mereka. (Foto: doc. Bango)

Sebanyak 24 dari 10.000 peserta dipilih untuk mengikuti beberapa rangkaian workshop. Ada Digital Marketing Workshop bersama Gilang Margi, pelaku kuliner yang sukses dalam dunia digital marketing. Ada pula Culinary Story Telling Workshop bersama Ade Putri Paramadita, food storyteller ternama Indonesia dengan materi dan praktik mengenai pentingnya membangun narasi yang kuat dan unik untuk mendukung strategi digital marketing.

Kemudian Bango menyaring lima pemenang yang berhak mendapatkan uang senilai Rp100 juta yang bisa digunakan mengembangkan usaha kuliner. Mereka adalah  Iga Gongso Warung Solo (Solo), Pukis Badran Topping Daging Sapi (Solo), Ayam Bakar Madu Salakilo (Balikpapan), Iga Bakar Nyakk Merry (Semarang) dan Ikan Mas Bakar Donto Sau San (Tasikmalaya).

“Saya sangat bersyukur atas kesempatan ini. Saya ingin mengemas ilmu dan pengalaman ini agar usaha saya dan suami makin maju,“ ungkap Nurmalita, pemilik usaha kuliner Iga Gongso.

Bango Penerus Warisan Kuliner Nusantara 2019 diharapkan mampu membantu para pengusaha kuliner untuk mengemas dan menjual hidangan dengan baik dan benar, terutama dalam dunia digital marketing, dan bisa menjadi wadah serta memberi kesempatan yang luas bagi para pengusaha kuliner Nusantara agar makin sukses dan dikenal generasi mendatang. 

Editor: Mariska Y. Sebayang

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contributor

Written by AnisaGiovanny

Content AuthorYears Of Membership

12 Masalah Yang Biasa Dihadapi Pengusaha Kuliner

Es Krim Wall’s Rasa Baru, Lumerkan Perbedaan