Logo Balanga

Asam Padeh Dagiang Urang Sumatra Barat yang Lamak Rasonyo!

 Asam Padeh Dagiang Urang Sumatra Barat yang Lamak Rasonyo!

Selain memiliki tempat wisata yang banyak, Sumatra Barat juga memiliki beraneka ragam masakan kuliner yang khas. Tidak hanya rendang, asam padeh dagiang juga merupakan kuliner khas dari Sumatra Barat.

Salah satu makanan yang paling saya rindukan jika liburan ke Sumatra Barat, tempat kampung halaman saya, yang memiliki rasa khas yang menggugah selera.

Apalagi jika itu dimasak oleh amakku (ibuku) sendiri yang di tambahkan kasih sayang seorang ibu ke dalam masakkannya itu, yang membuat asam padeh terasa sangat-sangat menggugah selera.

Asam padeh dagiang di ambil dari bahasa Minang yang artinya asam pedas daging. Namanya saja asam padeh yang berarti bahan utama membuatnya adalah cabai dan rasa asam dari asam kandis.

Soal rasa, asam padeh daging ini memiliki rasa yang khas karena paduan antara rasa yang pedas dan asam menjadikan daging begitu enak. Kalau orang Minang bilang, “LAMAK RASONYO!” yang berarti enak rasanya.

Asam padeh daging sangat enak dimakan dengan nasi panas. Rasanya yang pedas ditambah dengan nasi panas membuat keringat bercucuran yang menambah sensasi nikmat. Lebih nikmat lagi jika memakannya dengan kerupuk, hmmm… Yummmyy!!!

Rasanya yang menggugah selera membuat siapa saja yang menyantapnya ingin menambah lagi. Kalau orang minang bilang, “ NAK TAMBUOH CIEK NI!” yang artinya, “Mau tambah lagi, Kak!”.

Cara membuatnya pun gampang, hanya dengan  menghaluskan bumbu, seperti cabai, bawang, jahe, lalu tumis bersama serai yang ditumbuk dan masukkan daun jeruk serta masukkan daging yang telah di potong kecil-kecil.

Setelah itu, tumis sebentar lalu masukkan air hingga air mendidih dan daging empuk dan tambahkan asam kandis 2 butir. Aduk terus hingga daging kelihatan sudah empuk. Kemudian, salin ke piring dan asam padeh daging siap dihidangkan dengan nasi panas.

Biasanya agar lebih mengunggah selera kami memakannya dengan orang satu kampung yang membuat makanan makin lamak rasonyo karena ditambah dengan canda dan tawa mereka.

Bagi Anda yang menyukai kuliner Indonesia, terutama kuliner khas Sumatra Barat ini, jangan lupa mencoba asam padeh daging, di jamin rasanya tidak kalah nikmat dari rendang, asam padeh daging ini sangat gampang di temukan di Rumah Makan Padang. So, jangan lupa mencoba ya, gaess!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *