Logo Balanga

Asal Usul Kue Bakpao, Kudapan Favorit yang Beragam

 Asal Usul Kue Bakpao, Kudapan Favorit yang Beragam

Bakpao adalah kudapan khas Tionghoa yang dibawa oleh komunitas Tionghoa ke Indonesia. Kudapan ini pun dibuat dengan menyesuaikan lidah orang Indonesia.

Asal Usul Kue Bakpao

Nama bakpao berasal dari kata bak yang berarti daging, atau juga diartikan sebagai daging babi. Dulu, bakpao memang identik dengan daging babi sebagai isiannya. Sedangkan, pao berarti bungkus.

Karena mayoritas penduduk Indonesia beragama islam, isian bakpao pun berubah.

Arti bakpao pun berubah. Dari kudapan daging babi berbungkus jadi kudapan yang terbuat dari tepung terigu yang difermentasi (diberi ragi untuk mengembangkan adonan), lalu diberi aneka jenis isian dan dikukus.

Di Indonesia, ada varian isi bakpao seperti coklat, kacang merah, kacang hijau, dan daging ayam. Untuk membedakan isian, biasanya ada titik warna yang berbeda-beda di atas permukaan bakpao.

Di Jawa, bakpao banyak dijual oleh pedagang keliling dengan gerobak dorong. Selain itu, bakpao juga banyak dijumpai di toko-toko kue dengan varian isi yang lebih banyak.

Bakpao juga ada di Sumatera, hanya penamaannya saja yang berbeda. Seperti di Sumatera Utara, terdapat penganan yang bernama “pau ayam merah”.

Pau ayam merah merupakan kudapan bakpao berwarna merah berisi tumisan daging ayam dan bumbu rempah seperti merica bubuk, bawang bombay, bawang putih, cabai merah, dan lainnya.

Bahan adonan pau sama seperti bakpao, yakni tepung terigu, ragi, dan air. Semua bahan dicampur dan diuleni hingga kalis, lalu didiamkan selama 30 menit. Setelah itu bahan berupa tepung terigu, baking powder, gula pasir, mentega putih, dan air ditambahkan dalam adonan yang telah didiamkan tersebut. Semuanya diuleni dan didiamkan kembali selama 30 menit.

Adonan dibagi menjadi beberapa buah dan diisi dengan isian yang telah ditumis. Terakhir, pau dikukus hingga matang.

Ada juga bakpao khas Bangka yang dikenal dengan nama pao. Pao juga salah satu peninggalan budaya orang Tionghoa di Bangka pada masa silam.

Pao yang cukup populer di Kecamatan Belinyu, Bangka ini memiliki bentuk bulat kecil dan berwarna putih. Kue pao yang dibuat oleh masyarakat Belinyu ini memiliki keunikan, yaitu disantap bersama sambal yang terbuat dari campuran cuka, tauco, cabai, dan bawang putih.

Sulawesi juga memiliki kudapan seperti bakpao, yaitu roti pawa dan biapong. Roti pawa merupakan bakpaonya orang Bugis. Bentuk dari roti yang satu ini sangat mirip dengan bakpao, begitupula dengan cara membuatnya yakni roti dimasak dengan cara dikukus.

Bila bakpao diisi dengan kacang hijau, kacang merah, atau coklat, lain halnya dengan roti pawa yang hanya memiliki satu rasa isian, yakni campuran kelapa parut dan gula kelapa.

Wah, ternyata banyak ragam bakpao di nusantara, ya. Bakpao memang kudapan yang tak hanya lezat, tetapi juga mengenyangkan.

Demikian Asal Usul Kue Bakpao. Tak heran jika bakpao banyak penggemarnya.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *