Logo Balanga

Amplang Kuku Macan, Rasa dan Tampilannya Tak Seseram Namanya

 Amplang Kuku Macan, Rasa dan Tampilannya Tak Seseram Namanya

Nama kudapan satu ini unik banget, ya. Pada dasarnya, amplang adalah kerupuk ikan. Disebut amplang kuku macan karena jika diperhatikan, bentuknya seperti kuku macan dengan bagian meruncing di satu sudut.

Kudapan ini berukuran sebesar ujung ibu jari. Pokoknya, mudah disantap dalam sekali suap!

Amplang kuku macan terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur tepung tapioka. Ikan tenggiri memang banyak ditemukan di Sungai Mahakam. Tak heran, amplang kuku macan terkenal sebagai kudapan khas Kalimantan.

Cara membuat amplang kuku macan tak beda dengan kerupuk lainnya. Siapkan ikan tenggiri yang sudah di-fillet atau dihilangkan tulangnya. Selain tenggiri, ikan gabus atau ikan haruan juga bisa dipakai meski tidak khas tenggiri.

Ikan tenggiri dicampurkan dengan bumbu halus dan telur, lalu diaduk dan dibanting-banting hingga adonan tercampur rata dengan tekstur pas. Setelah siap, adonan dipotong kecil-kecil bentuk kuku macan. Adonan berbentuk kuku macan pun digoreng hingga matang.

Agar matang merata dan tidak gosong, amplang kuku macan perlu diaduk-aduk saat proses menggoreng. Bila digoreng dengan benar, rasa amplang kuku macan akan lebih renyah dan gurih dengan aroma tenggiri.

Rahasia kenikmatan amplang kuku macan adalah pemakaian ikan tenggiri segar sebagai bahan baku. Meski bisa diganti ikan lainnya, citarasa ikan tenggiri terasa paling nikmat dan pas dijadikan amplang. Pemakaian bumbu sesuai takaran juga jadi poin penting dalam menonjolkan rasa amplang.

Selain itu, sayat daging ikan terlebih dulu sebelum dicampur dengan bumbu. Tujuannya supaya bumbu rempah dapat meresap sempurna saat adonan diremas-remas.

Tekstur kerupuk ini yang renyah memang jadi idaman. Tak heran, amplang kuku macan sering jadi cemilan dalam berbagai suasana. Sekali coba, rasanya ingin terus makan dan sulit berhenti!

Amplang kuku macan adalah kudapan khas Kalimantan Timur. Banyak penjaja amplang di Samarinda dan Balikpapan. Jika berkunjung ke Samarinda atau Balikpapan, jangan lupa bawa amplang kuku macan sebagai oleh-oleh, ya.

Amplang biasa dijual dalam kemasan dengan berat 200 gram, 1 kilogram, dan 5 kilogram. Harganya pun bervariasi dan cukup terjangkau.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *