in ,

80 Kuliner Legendaris Indonesia Hadir di Kampoeng Legenda Jakarta

Kampoeng Legenda 2019
Kemeriahan acara kampoeng legenda. (Foto: belanga.id/Anisa Giovanny)

Siapkan perut dan uang untuk menikmati 80 kuliner legendaris Indonesia cukup di satu tempat saja. 

Delapan puluh kuliner itu tersedia di Kampoeng Legenda, Mall Ciputra, Jakarta, pada 7-18 Agustus 2019. Antara lain, Nasi Krawu Bu Tiban Khas Gresik, Toko Oen Semarang, Otak-Otak Ase Bangka, Pisang Plenet Mbah Toerdi, Asem-Asem Koh Liem, Babi Guling Karya Rebo, Nasi Jamblang Mang Dul, Kupat Tahu Gempol, Depot Nasi Campur Pojok Tambak Bayan, hingga Tengkleng Rica-Rica Pak Manto.  

“Ini bentuk partisipasi kita melestarikan kuliner legendaris, dan mengenalkannya ke generasi muda,” ujar Ferry Irianto, General Manager Mall Ciputra, pada acara pembukaan Kampoeng Legenda, Kamis, 8 Agustus 2019.  

Sebanyak 80 stan kuliner tertata rapi di area Center Court sehingga memudahkan pengunjung berkeliling demi menemukan makanan khas daerah idaman. Mekanisme pembayaran juga terbilang mudah, cukup menggunakan  tap card yang disediakan oleh loket.com. 

Baca juga: 7 Kuliner Legendaris Wajib Icip di Kampoeng Legenda 2019!

Pengunjung bisa mengisi deposit  minimal Rp20.000 dan menambahnya, berlaku selama acara berlangsung. Pengunjung juga bisa refund hari itu juga. 

Memasuki tahun ke-6, Kampoeng Legenda menggalakkan kampanye “Buang Sampah Sendiri”. Setelah membeli di stan, pengunjung dapat membawanya ke area makan. Jika sudah selesai, mereka diharapkan membuang sisa makanan di tempat yang sudah disediakan sehingga area makan kembali bersih.

Kenalan Dengan Kuliner Daerah 

Makan di Kampoeng Legenda adalah cara mudah bagi warga Jakarta berkenalan dengan kuliner daerah Indonesia. Keragaman kuliner yang ditampilkan di acara tersebut juga membuat culinary storyteller Ade Putri Paramadita sumringah. 

“Aku nih kemana saja sih ya, kok ya baru tau Kampoeng Legenda. Kuliner daerahnya variatif banget,” kata Ade yang juga menjadi salah satu pengisi acara Kampoeng Legenda.

Ade mencicipi nasi krawu khas Gresik.

Makanan khas kota Gresik itu terdiri dari nasi pulen yang disajikan di atas daun pisang, dengan lauk sayatan daging sapi, empal, jeroan, semur, lalu ditaburi serundeng dan dinikmati bersama sambal petis yang pedas.

“Nasi krawu ini rasanya percampuran antara manis dan gurih dari kelapa, khasnya nasi krawu ini juga dari serundengnya yang manis dan pedas,“  ujar Ade. 

Nasi Krawu Buk Tiban khas Gresik sendiri baru pertama kali mengikuti acara Kampoeng Legenda. Ditemui di stannya, Ibu Halimah generasi kedua penerus usaha kuliner Nasi Krawu Buk Tiban pun mengaku senang dengan hadirnya Kampoeng Legenda.

“Saya baru pertama kali ikut, mau promosi nasi krawu yang pedas gurih ini biar orang Jakarta pada kenal. Harganya juga terjangkau,” ujar Halimah yang sibuk melayani pembeli siang itu. 

Seporsi nasi krawu dijual seharga Rp35.000. Adapun makanan yang dijajakan di Kampoeng Legenda dijual bervariasi mulai Rp15.000-Rp120.000

Kampoeng Legenda merupakan acara rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh  Mall Ciputra bekerjasama dengan JIISCOMM, tahun ini sudah keenam kalinya. Acara ini digelar untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-74, sekaligus mengenalkan ragam kuliner legendaris  dengan cita rasa otentik dari berbagai provinsi di Indonesia.

Editor: Sica Harum

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contributor

Written by AnisaGiovanny

Content AuthorYears Of Membership

Indonesia Meraih 1st Runner Up Dalam ASEAN Barista Championship 2019

Launching buku Nick Molodysky.

Saking Cintanya, Warga Aussie Ini Bukukan Kuliner Khas Tionghoa di Indonesia