7 Resep Telur Ini Bikin Kamu Ga Bosan Sama Si Penguasa Kulkas!

Bisa dibilang, telur adalah makanan yang dicintai oleh seluruh dunia. Bagaimana tidak, bahan masakan yang satu ini bak penguasa kulkas. Entah di kulkas milik ibu-ibu atau anak kos, ia pasti selalu tersedia. Resep telur pun ada berbagai macam.

Mau diolah jadi hidangan gurih, pedas, atau manis, bisa. Mau jadi menu utama, pendamping, atau hanya sekadar pelengkap bahan masakan, bisa juga.

Kalau kamu bosan dengan hidangan telur yang itu-itu saja, cobain rekomendasi olahan telur ini. Kamu juga bisa memasaknya sendiri di dapurmu, dijamin bikin kamu nggak bosan dengan hidangan telur:

1. Telur dadar geprek

Bukan hanya ayam saja yang bisa digeprek, telur juga bisa kamu jadikan geprek yang lezat.

Tambahkan sedikit tepung tapioka saat membuat telur dadarmu, supaya teksturnya lebih tebal dan padat. Taburkan garam dan penyedap rasa secukupnya, dan dikocok sesuai selera, goreng hingga matang.

Kalau sudah, buatlah sambal sesuai selera kepedasan dengan bawang putih, cabai rawit dan cabai merah. Tambahkan terasi bila sesuai dengan seleramu.

Terakhir, tinggal kamu ulek telur dadar tadi dengan si sambal. Sajikan selagi hangat agar lebih nikmat!

2. Telur balado

Kalau kamu orang Indonesia yang suka pedas, sajian telur balado tentunya bisa menggugah seleramu.

Cukup sediakan telur rebus sesuai kebutuhan. Siapkan minyak panas untuk menggoreng telor rebus sampai ia berubah warna menjadi keemasan. Hati-hati, jangan sampai gosong, ya.

Selanjutnya tinggal membuat sambal balado dengan cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Tambahkan garam, merica dan penyedap rasa untuk menciptakan sensasi umami di lidah.

Baca juga: Balado Jengkol yang Membuatku Selalu Teringat Ibu

Kamu bisa menguleknya sampai jadi sambal, atau menggunakan blender yang lebih praktis, lalu tumis sambal sebentar hingga harum. Terakhir, tinggal masukkan telurnya dan diaduk hingga tercampur rata, jadi deh telur balado.

3. Telur krispi

Mau makan yang krenyes-krenyes tapi cuma ada telur di kulkas? Tenang, telur pun bisa jadi cemilan yang renyah untuk disantap saat bersantai.

Bikin dadar telur seperti biasanya, tipis lebih baik, setelah itu sisihkan. Selanjutnya siapkan bahan adonan basah, yaitu tepung instan, tepung terigu, air dan garam secukupnya. Sisihkan sebagian tepung instan dan tepung terigu untuk menjadi adonan kering.

Sesuaikan semua takarannya dengan jumlah telur yang kamu dadar. Campur semua bahan untuk adonan basah hingga membentuk adonan yang kental.

Baca juga: IFC alias Indonesia Fried Chicken: Ragam Merek Fried Chicken Lokal

Celupkan dadar telur ke adonan basah sampai tertutup semua permukaannya, lalu lakukan yang sama dengan adonan kering.

Terakhir, goreng hingga lapisan kriuk berubah jadi cokelat keemasan. Siapkan saus sambal biar makin mantap di lidah.

4.   Sup telur ceplok

Bosan dengan sup standar yang isinya sayur dan daging? Bikin resep yang ini saja, simpel dan tidak kalah rasanya.

Tentu kamu sudah familiar dengan telur ceplok. Bayangkan bila ditambah kuah sup yang menyegarkan, nafsu makanmu pasti meningkat.

Cara membuatnya sederhana, cukup goreng telur ceplok, lalu siapkan kuah sup. Bumbu untuk kuah sup yang perlu kamu siapkan bisa apa saja, sesuai dengan kuah sup favoritmu.

Kalau favorit saya, bumbunya minyak wijen, jahe, garam, bawang putih, bawang merah. Semuanya ditumis sampai harum, lalu ditambahkan air, dan tunggu hingga mendidih.

Kuah yang sudah matang disiramkan ke telor ceplok. Mudah dan langsung siap disantap, dengan atau tanpa nasi hangat.

5. Telur awan

Hidangan yang satu ini sempat viral di Instagram karena tampilannya yang cantik. Telur awan atau cloudeggs ini bisa dibilang versi level up telur mata sapi.

Cara membuatnya sederhana, sobat icip. Intinya memisahkan kuning dan putih telur, sebelum disusun menjadi satu.

Pertama-tama, kocok putih telur hingga mengembang dan kaku. Letakkan adonan putih telur ini di atas loyang. Lapisi loyang dengan sedikit minyak agar ia tidak lengket. Jangan lupa beri garam dan lada secukupnya.

Panggang adonan putih telur ini selama lebih kurang 5 menit. Cukup sampai ia setengah matang saja. Lalu, tambahkan kuning telur di atasnya. Panggang kembali selama 3 menit. Ta-da, telur awan siap dinikmati!

6. Tamagoyaki

Ingin merasakan sensasi makanan Jepang yang mudah dibuat selain sushi? Tamagoyaki bisa jadi pilihan.

Telur dadar versi Jepang  ini mudah dibuat. Campurkan telur, garam,
gula, dan beri susu cair. Siapkan teflon, bagusnya yang berbentuk persegi agar bentuknya kotak plek, tetapi kalau tidak ada juga tidak masalah.

Sesudah adonan telur diaduk rata, panaskan teflon ke api kecil. Setelah panas, tuang adonan telur sampai membentuk lapisan yang tidak terlalu tebal.

Tunggu hingga lapisan telur tersebut setengah matang, lalu gulung ke salah satu sisi teflon, dan tuang lagi adonan telur.

Lakukan langkah ini sampai telur menggulung tebal dan adonan habis, lalu tunggu hingga matang.

Tambahkan taburan wijen dan daun bawang sebelum dihidangkan.

7. Telur kukus tahu

Mau hidangan telur yang lebih berisi? Tambahkan tahu, sedikit wortel dan daun bawang, lalu kukus saja, sobat icip. Jadi, deh, te

Pisahkan bagian putih dan kuning telur, kamu cukup ambil putih telurnya saja untuk jumlah bisa kamu sesuaikan sesuai kebutuhan.

Sesudah itu hancurkan tahu putih, untuk memberikan tekstur dan warna, siapkan wortel yang sudah di cincang dan daun bawang yang diiris halus. Jumlahnya bisa kamu sesuaikan dengan selera.

Kemudian, campur telur, wortel, daun bawang, tambahkan garam, kaldu bubuk, merica secukupnya, dan aduk rata.

Tuang adonan ke dalam wadah atau cetakan, lalu kukus sampai matang. Kurang lebih memakan waktu 20 menit. Keluarkan dari wadah atau cetakan, potong-potong, lalu sajikan. Paling enak disantap hangat-hangat.

Dari 7 rekomendasi ini, mana yang sudah pernah kamu makan dan masak sendiri, nih, sobat icip?

Editor: Ellen Kusuma

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *