in

7 Olahan Kurma Bikin Buka Puasa Makin Nikmat!

Ternyata cocok dikreasikan jadi makanan manis maupun gurih!

Ramadan tiba memberikan kenikmatan yang berbeda. Salah satunya, kehadiran kurma dalam kuliner khas bulan puasa di Indonesia. Kurma memang biasa dimakan langsung, tapi kurang update kalau sampai tidak tahu olahan kurma lainnya. Bisa jadi macam-macam, lho!

Buah ini memang primadona saat bulan suci. Selain kehadiran simbolik di bulan Ramadan, kurma memang berkhasiat baik untuk kesehatan.

Mengonsumsi kurma dapat mencegah sembelit, memberikan nutrisi, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

Nah, seperti sudah disebutkan, banyak cara untuk menikmati kurma, seperti 7 menu ini.

1. Jus Kurma

Olahan kurma
Ilustrasi dari IG @rikhatiwi

Buka puasa bosan dengan es kelapa, es teh manis atau jus buah-buahan mainstream? Cobain jus kurma saja.

Cukup sediakan buah kurma yang sudah dibuang bijinya, air secukupnya, susu, dan madu jika ingin, lalu diblender hingga halus. Makin dingin makin nikmat.

2. Bolu Kukus Pisang Kurma

Olahan kurma
Ilustrasi dari IG @sukma1985

Bolu sudah lama jadi kegemaran masyarakat Indonesia. Apalagi bolu pisang yang punya rasa manis dan wangi yang harum. Kalau bolu pisang ditambah kurma? Makin enak!

Sama saja dengan membuat bolu pisang, tinggal tambahkan kurma yang sudah dipotong kecil-kecil di adonannya untuk memberikan tekstur dan warna tambahan di dalam bolu.

Menikmati bolu kukus pisang kurma ini bisa saat buka puasa atau saat pulang tarawih ketika lapar melanda. Ditemani dengan secangkir teh hangat, makin pas.

3. Pancake Kurma

Olahan kurma
Ilustrasi dari IG @rindaanriani

Pancake kurma bisa jadi alternatif untuk mengolah kurma yang ada di rumah. Mudah banget membuatnya.

Sediakan susu, terigu, gula pasir, garam, baking powder, telur dan mentega cair. Campur semua bahan dan aduk rata hingga jadi adonan pancake.

Baca juga: Emina Cheese, Cara Baru Konsumsi Keju

Tambahkan potongan kurma sesuai selera, dan aduk kembali sampai tidak ada gumpalan. Masak adonan di atas wajan yang sudah dipanaskan dengan api rendah hingga kedua sisi matang.

Pancake kurma siap dinikmati. Biar makin nikmat, bisa tambahkan taburan keju parut.

4. Puding Roti Kurma

Olahan kurma
Ilustrasi dari IG @mita_puspita.sari

Saat roti tawar dan kurma melimpah, tak ada salahnya mengolah dua bahan itu jadi satu: puding roti kurma.

Sediakan roti tawar, susu cair, telur, butter, gula pasir dan kurma yang bijinya sudah dibuang. Hangatkan susu dan butter hingga meleleh, kocok telur dan gula kemudian tuang susu dan butter tadi ke dalamnya. Campur hingga merata.

Tuang adonan itu ke dalam wadah yang sudah berisi roti dan kurma tanpa biji yang sudah dipotong dadu, lalu taburi gula.

Panggang kurang lebih 30 menit, roti kurma siap dihidangkan. Masukkan ke kulkas, karena lebih enak disantap dingin.

5. Kurma Cokelat

Olahan kurma
Ilustrasi dari IG @ayuanitapetrisia

Butuh inspirasi membuat camilan manis dari kurma dan bisa dihidangkan saat sanak saudara datang ketika hari raya tiba? Membuat kue kurma yang berlumur cokelat bisa jadi opsi menarik.

Tekstur kurma yang kenyal, empuk dan agak tebal berpadu dengan manisnya cokelat bisa jadi kombinasi dahsyat. Cara buatnya mudah, sediakan kurma yang bijinya sudah dihilangkan.

Masukan kacang mede sebagai pengganti biji kurma. Lumuri cokelat, lalu dinginkan hingga cokelat mengering. Setelah itu, tinggal tata rapi di toples. Dijamin jadi favorit!

6. Nasi Goreng Kurma

Olahan kurma
Ilustrasi dari IG @dapurlinna

Siapa sangka kurma juga cocok untuk dihidangkan bersama nasi? Pernah mendengar olahan nasi bercampur kismis? Kisminya bisa diganti dengan kurma yang dipotong kecil-kecil.

Sama seperti nasi goreng pada umumnya, nasi goreng kurma ini hanya perlu menambahkan potongan kurma saat dimasak.

Cita rasa manis, gurih, dan pedas siap menyergap mulut ketika memakan masakan satu ini. Tambah protein daging sapi, ayam atau kambing agar makin mengundang selera.

7. Smoothies Kurma

Olahan kurma
Ilustrasi dari IG @ninbo_shop

Alternatif lain selain jus kurma yang bisa nikmati untuk berbuka puasa adalah smoothies kurma yang segar dan sekaligus mengenyangkan.

Tinggal blender buah pisang dan potongan kurma bersama gula pasir atau madu sebagai pemanis, es batu dan yogurt tanpa rasa. Blender sampai rata dan smoothies kurma siap disajikan. Cocok untuk menghilangkan dahaga setelah berpuasa penuh seharian.

Siap mengolah kurma di rumah jadi apa nih, sobat icip?

Editor: Ellen Kusuma

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contributor

Written by AnisaGiovanny

Content Author
fasad alkisah

Alkisah: Menikmati Kuliner Rumahan Sambil Nostalgia

kue khasidah

Makanan Khas Riau Ini Dibikin Film!