Logo Balanga

7 Menu Telur Praktis untuk Lauk Akhir Bulan

 7 Menu Telur Praktis untuk Lauk Akhir Bulan

Ingin masak spesial saat akhir bulan tapi cuma punya telur? Jangan khawatir! Bahan ini gampang diolah jadi beragam sajian yang lezat. Mau dioseng atau dikukus, dua-duanya bisa jadi alternatif lauk sahur yang cepat dibuat.

Belanga bertanya soal menu sahur dan sebagian besar cukup mengandalkan telur. Seperti Zahra, seorang wanita karier yang tinggal bersama orang tua memilih telur ceplok, telur dadar, atau orak-arik untuk sahur.

Kali ini, Belanga coba meringkas 7 menu telur yang praktis untuk sahur dan dijamin nggak bikin bosan.

1. Telur Goreng Kecap 

 

 

A post shared by Nina Gouw (@nina_epicure) on

Tak bisa dipungkiri, olahan telur paling simple ini tetap enak untuk sahur. Tanpa bahan macam-macam, cita rasa telur goreng langsung cocok dengan kecap manis dan nasi hangat. Saking nikmatnya, nasi telur kecap dari Pontianak sempat viral di dunia maya.

Rahasia goreng telur enak? Goreng dengan minyak bawang. Tak usah jauh-jauh ke supermarket, goreng saja bawang putih untuk stok topping. Lalu, gunakan sisa minyaknya untuk telur goreng. Dijamin makin cinta!

2. Telur Gembung

Telur Gembung (Foto: suryadi911.blogspot.com)

Suka dengan telur dadar ala warteg yang tebal? Menu ini bisa banget dibuat untuk sahur. Ada dua cara untuk mengakali gembungnya si telur. Pertama, gunakan banyak telur dalam sekali kocokan. Dan kedua, gunakan sedikit terigu serbaguna dalam kocokan telur.

Selanjutnya, tambahkan bahan-bahan yang kamu suka seperti sosis, bakso, daun bawang, wortel, dan sebagainya. Supaya telurnya mengembang alias gembung, goreng dalam minyak banyak.

Kamu bisa buat telur gembung ala warteg atau ala RM Padang. Telur gembung Padang memakai banyak rempah dan telur bebek.

Baca juga: Resep Telur Gembung yang Membuatku Terus Menyendok Nasi

3. Fuyunghai

 

Pada dasarnya fuyunghai sama dengan telur gembung. Namun, olahan telur khas peranakan ini memakai saus merah manis yang dituang di atas telur goreng. Saus merahnya dibuat dari tomat merah, kacang polong, bawang putih, bawang bombay, garam, gula, dan air secukupnya.

Telur fuyunghai juga memakai banyak isian. Misalnya bakso, udang cincang, ayam giling, wortel, dan lainnya. Proses masaknya sama seperti telur gembung.

4. Orak-Arik Telur Sayur

Orak Arik Telur Sayur (Foto: ngemil-sore.blogspot.com)

Selain telur dadar, orak-arik adalah olahan telur yang mudah dan cepat. Kocok telur sebentar lalu tuang di atas wajan yang sudah diberi margarin atau sedikit minyak. Oseng-oseng telur hingga “berantakan” dan orak-arik siap disajikan.

Supaya makin bercita rasa, tambahkan sayur dan bahan-bahan lain dalam orak-arikmu. Tak hanya sayur seperti wortel, kubis, buncis, atau bayam, kamu juga boleh menambahkan sosis, bakso, daging giling, atau jamur. Intinya, sekali makan langsung empat sehat lima sempurna!

5. Telur Ceplok Masak Kecap 

 

Eits, ini beda dengan nasi telur kecap ya. Kali ini telur ceploknya benar-benar ditumis dengan kecap dan bumbu lainnya.

Masak beberapa telur ceplok seperti biasa dan sisihkan saat matang. Bumbu tumisnya sederhana saja, yakni bawang putih, bawang merah, garam, merica, dan kecap manis. Tumis bawang putih dan merah hingga harum, lalu masukkan telur ceplok ke dalamnya. Tuang kecap manis dan air secukupnya, biarkan masak hingga airnya agak surut. Sebagai penambah rasa, tambahkan irisan cabai merah dan hijau dalam tumisan.

Baca juga: Beda Telur Segar dan Telur “Palsu”, Jangan Tertipu Lagi!

6. Telur Tim

Lagi menghindari minyak goreng? Kukus saja telurnya! Kamu bisa menyantapnya dengan nasi hangat dan sambal agar lebih mantap.

Pada dasarnya, telur tim adalah telur yang dikocok lepas dengan bumbu. Bumbunya pun sederhana, yakni gula, kaldu, merica, dan kecap asin. Kamu juga bisa memakai bahan-bahan seperti potongan ayam fillet, ikan jamur, wortel, bayam, cabai, dan sebagainya. Tata bahan-bahan tersebut dalam wadah tahan panas (keramik atau beling), lalu tuang kocokan telur di atasnya. Kukus hingga matang dan sajikan selagi hangat.

7. Telur Rambutan 

Telur Rambutan Krispi (Foto: totalresep.blogspot.com)

Ini telur atau rambutan? Ternyata telur rebus yang dibalut dengan kremesan mie dan digoreng. Mie adalah salah satu pelapis gorengan yang bertekstur renyah. Setelah matang, telur yang dibalut kremesan mie ini akan terlihat seperti buah rambutan berwarna cokelat keemasan.

Rebus beberapa telur terlebih dulu. Selanjutnya, balut telur rebus dengan kocokan telur, kremesan mie, dan terigu. Kremesan mie adalah mie instan yang dihancurkan (remas) hingga berukuran kecil. Goreng telur rambutan dalam minyak banyak hingga matang merata. Selain jadi lauk, telur rambutan juga cocok jadi cemilan, lho.

Baca juga: 7 Jajanan Telur Murah Meriah yang Bikin Kangen Zaman Sekolah

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *