in , , ,

7 Kuliner Legendaris Wajib Icip di Kampoeng Legenda 2019!

Kampoeng Legenda kembali hadir di Mal Ciputra untuk menyapa para pecinta makanan yang ingin berburu kuliner legendaris dari berbagai daerah. Beragam menu dari berbagai daerah tersedia, dari mulai kuliner Jakarta hingga kuliner Padang yang menggoyang lidah.

Kampoeng Legenda merupakan bentuk dukungan Mal Ciputra bekerja sama dengan JISSCOM untuk melestarikan kuliner legendaris sekaligus merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-74. 

Semua makanan terlihat menggoda. Tapi kalau bingung mau pilih yang mana, berikut tujuh kuliner legendaris wajib icip jika mampir ke Kampoeng Legenda: 

1. Mangut Kepala Manyung Bu Fat

Mangut Kepala Manyung Bu Fat adalah hidangan khas Semarang yang sudah berdiri sejak 1969. Hadir di Kampoeng Legenda, kuliner ini menyajikan kepala ikan manyung asap yang dibumbui dengan aneka rempah dan kuah santan yang gurih.

Kepala manyung yang disediakan terdiri dari dua jenis, yaitu ukuran sedang dan besar. Kepala ikan manyung ini memiliki tekstur daging yang lembut namun padat. Ada beberapa bagian yang terasa kenyal begitu dikunyah. Rasa pedas dan berbagai rempah lainnya mampu membangkitkan selera makan. Kuliner legendaris Semarang ini makin nikmat saat disantap dengan nasi hangat.

2. Asem-Asem Koh Liem

Asem-asem Koh Liem, kuliner legendaris dari Semarang.
Asem-asem Koh Liem, kuliner legendaris bercita rasa pedas segar dari Semarang

Masih dari daerah Semarang, Asem-asem Koh Liem sudah berdiri sejak 1978. Di Semarang, kuliner legendaris ini berlokasi di Jalan Karang Anyar, Gabahan, dan tidak membuka cabang di tempat lain. Mungkin itulah sebabnya mengapa gerai Asem-asem Koh Liem ini selalu ramai oleh pembeli.

Hidangan asem-asem ini berisi potongan daging sapi dengan lemak yang dimasak dengan bawang merah, bawang putih, kecap manis, tomat muda, asem jawa dan belimbing wuluh.

Warna kuahnya cokelat dengan cabai utuh yang mengapung di atasnya demi memberikan rasa pedas yang menyegarkan. Asem-Asem Koh Liem ini dibanderol dengan harga Rp58.000. Selain itu, masih ada menu lain yang disediakan, yaitu kikil lombok ijo, udang goreng mentega, cumi goreng mentega, kekian dan olor.

3. Tengkleng Rica Pak Manto

Tengkleng biasanya disajikan dengan kuah cair berwarna kuning. Namun Tengkleng Rica Pak Manto berbeda. Kuliner legendaris Solo ini diolah dengan bumbu rica kehitaman yang kental dan pedas. Ukuran tengklengnya pun cukup besar dengan cita rasa gurih, manis, dan pedas.

Untuk menjaga cita rasa tengkleng yang unik, proses memasaknya masih menggunakan arang. Kuliner legendaris ini merupakan salah satu andalan Kota Solo. Berdiri sejak 1990, Tengkleng Rica Pak Manto masih mempertahankan resep legenda sejak dulu. Dengan merogoh kantong Rp50.000, kita sudah bisa menyantap seporsi tengkleng legendaris ini.

4. Satai Padang Bet Bur Danguang-Danguang

Salah satu kuliner legendaris Minang yang ada di Kampoeng Legenda adalah satai padang khas Payakumbuh Sumatera Barat, yaitu satai danguang-danguang. Satai danguang-danguang Bet Bur yang berdiri sejak 1969 ini terkenal dengan kuah bumbu yang royal dan daging satai berukurang besar dan tebal.

Meskipun dagingnya tebal, namun tetap terasa empuk dan mudah dikunyah. Sedangkan kuah satainya kental dan berwarna kuning karena menggunakan kunyit. Rasa kuahnya pedas, gurih, dan kaya rempah. Seporsi satai beserta ketupat yang mengenyangkan dipatok Rp38.000 saja.

5. Pempek Megaria

Bukan cuma kuliner legendaris dari luar ibu kota yang digandrungi pengunjung, Kampoeng Legenda juga menghadirkan kuliner legendaris tuan rumah. Salah satunya adalah Pempek Megaria yang legendaris dan sudah  berdiri sejak 1989.

Menu andalannya adalah pempek kapal selam yang merupakan terbuat dari ikan tenggiri dan diisi dengan telur. Pempek ini terkenal dengan teksturnya yang kenyal namun lembut, dipadukan dengan siraman kuah cuko yang manis-pedas membuat seporsi Pempek Megaria seharga Rp28.000 ini bisa membahagiakan lidah. 

6. Mie Bandung Kejaksaan

Mie legendaris asal kota Kembang ini sudah berdiri sejak 1964 dan sekarang dikelola oleh generasi ketiga. Mie Bandung Kejaksaan menawarkan dua menu, yaitu bakim ayam biasa dan bakmi ayam spesial dengan tambahan bakso.

Mie yang digunakan berukuran kecil, tipis dan agak kering, dengan cita rasa yang gurih dan sedikit manis. Jika ingin pedas, cukup tambahkan sambal yang disediakan. Hanya Rp25.000 – Rp35.000 seporsi kita bisa menikmati kuliner legendaris Bandung ini.

7. Babi Guling Karya Rebo

Hidangan non halal dari Bali ini cukup jadi buruan para penikmat kuliner daging babi. Sudah ada sejak 1991, Babi Guling Karya Rebo menyajikan ragam olahan daging babi, mulai dari satai babi, daging babi goreng, kulit babi guling, sosis hingga lawar.  

Seporsi Babi Guling Karya Rebo ini cukup mengenyangkan, serta memiliki cita rasa gurih, sedikit pedas dan asin. Daging babinya empuk, sementara kulit babi terasa renyah. Seporsi nasi babi guling campur dihargai Rp60.000, sepadan dengan rasanya.

Itu dia beberapa kuliner legendaris yang wajib diburu di Kampoeng Legenda 2019. Acara ini berlangsung 7-18 Agustus, buku pukul 10.00 WIB-22.00 WIB. Selamat berwisata kuliner legendaris, ya!

Editor: Mariska Y. Sebayang

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contributor

Written by AnisaGiovanny

Content Author
Feature Image

Mengenang Rijsttafel, Makan Mewah Ala Belanda

Wow, Tebat Rasau Punya Kuliner Ikan Air Tawar dari Sungai Purba!