6 Fakta Mengejutkan Tentang Cangkir Blirik

6 Fakta Mengejutkan Tentang Cangkir Blirik
Cangkir dan Teko Blirik. (Foto: Instagram/Resha Malik)

Saat pertama melihat cangkir ini, mungkin kamu teringat kakek atau bapak.

Cangkir blirik sering disebut gelas jadul karena sudah ada sejak zaman dulu. Kini, gelas dengan corak unik ini kembali hits di Indonesia. Terutama sejak foto Presiden Joko Widodo yang menyeruput kopi dengan cangkir blirik viral di internet.

Gelas ini identik dengan minuman hangat. Sebutlah kopi, teh, hingga wedang. Namun, tahukah kamu fakta-fakta lain tentang sosok legendaris ini?

1. Blirik = motif lurik

Cangkir jadul ini identik dengan warna hijau dan motif garis putih. Menurut penelusuran Belanga, ternyata blirik mengacu pada motif lurik, lho.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, blirik artinya bercorak lurik. Sedangkan lurik merupakan motif pakaian berupa garis-garis vertikal yang biasa dikenakan abdi Keraton Jawa.

2. Bahan dasar seng, tapi dilapis enamel

Banyak yang bilang kalau cangkir blirik dibuat dari seng. Memang betul, tapi lapisan enamel lah yang membuatnya tampak cantik.

Enamel adalah lapisan porselen yang ditempel pada material logam. Tujuannya supaya perkakas bisa lebih awet, tahan panas, dan tampil menarik. Selain peralatan masak dan makan, enamel juga dipakai untuk kulkas dan bak mandi.

Lapisan halus ini bisa dibuat macam-macam, lho. Mulai dari polos, motif lurik, hingga corak bunga.

Tak heran jika para fotografer kuliner dan ibu rumah tangga langsung jatuh cinta.

3. Aslinya berupa tea set khas Eropa

Sejak dulu, Indonesia punya kebiasaan minum-minum selepas kerja. Budaya ini diturunkan oleh bangsa Eropa selama menduduki Nusantara.

Orang Eropa biasa minum dengan tea set, yakni perangkat minum teh yang terdiri dari cangkir, piring tatakan, tutup cangkir, dan teko.

Cangkir blirik pun awalnya dijual sebagai tea set. Pabrik pertamanya dimandori pedagang Belanda bernama Jan Mooijen pada 1845. Selain tea set, pabrik ini juga memproduksi peralatan masak, wadah, piring, dan rantang.

Baca  juga:

4. Simbol perjuangan kaum buruh

Cangkir blirik sudah ada di Indonesia usai Perang Diponegoro tahun 1830. Meski terkesan mewah, gelas ini lebih populer di kalangan buruh dan petani. Dulu, cangkir ini sering dibawa ke sawah dan ladang bersama rantang makan siang.

Cangkir bermotif ini juga dijadikan simbol perjuangan kaum buruh. Pada 1921, terjadi demo buruh di Semarang. Cangkir blirik dan caping dibawa oleh massa sebagai perlawanan atas pemerintah Belanda.

5. Harganya cukup separuh

Gelas wedang yang sedang hits ini bisa ditemukan di berbagai tempat. Seperti toko alat masak, swalayan, hingga online shop Instagram.

Kalau kamu ingin beli, harga satu cangkir blirik dipatok 35.000-50.000 rupiah. Harga ini tergantung ukuran dan jenis motifnya. Jadi kalau bawa 100.000 rupiah, uangmu tak akan habis karena beli cangkir blirik.

6. Jadi warung kekinian di Solo

Cangkir blirik banyak ditemukan di angkringan Solo dan Yogyakarta. Namun, konsep ini dibuat lebih kekinian dalam angkringan gaul Wedangan Cangkir Blirik di Solo.

Seperti angkringan lainnya, Wedangan Cangkir Blirik menyajikan nasi kucing dengan beragam lauk pauk. Interior bernuansa jadul membuat pengunjung serasa pulang kampung.

Beragam minuman hangat pun disajikan dalam cangkir blirik, misalnya the cabli, JKJ, dan wedang uwuh. Apa itu? Datang dan coba sendiri.

Tak hanya motif blirik, gelas ini sudah banyak dimodifikasi dalam berbagai rupa. Ada yang dibuat berwarna-warni, juga yang menambahkan karikatur atau quotes menyentil.

Ada fakta yang baru kamu ketahui? Coba tanya kakek atau bapakmu, siapa tahu ada rahasia-rahasia lain yang Belanga belum tahu.

Suka? Vote Artikel Ini!

0 1
Kaningga Janu Manggarayu
Written by
Penyuka kuliner, sejarah, dan bumbu segar. Berkelana tanpa mengenal arah, pulang ketika merasa lelah.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up