Bikin Kangen, 5 Acara Masak Jadul Ini Jadi Langganan Ibu Kita

Sisca Soewitomo, chef kenamaan Indonesia pemandu acara Aroma
Sisca Soewitomo, chef kenamaan Indonesia pemandu acara Aroma (Foto: jktgo.com)

Tahun 1990 hingga 2000an awal menjadi era kejayaan televisi di Indonesia. Beragam program legendaris muncul pada masa tersebut, salah satunya adalah acara masak.

Program demo masak jadi andalan para ibu sebagai media belajar sekaligus referensi menu masakan di rumah.

Tapi kayanya nggak cuma ibu-ibu yang familiar. Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti tahu dengan acara-acara masak berikut ini. Kalau tidak nonton sampai habis, minimal hapal musik atau pembawa acaranya.

Penasaran? Siap-siap nostalgia dengan scroll ke bawah!

1. Aroma – Sisca Soewitomo

Masih ingat dengan acara masak Sisca Soewitomo ini? Bagi banyak orang, program televisi ini sangat legendaris. Bahkan background music-nya masih terngiang di telinga hingga sekarang.

Aroma tayang perdana pada akhir 1996 dan bertahan selama 12 tahun. Acara ini tayang di stasiun televisi Indosiar tiap hari Sabtu pukul 07.00 WIB selama 30 menit. Kalau kamu ingat, acara ini awalnya sempat tayang setiap Senin.

Aroma menyajikan demo masak dengan empat jenis hidangan, mulai dari appetizer hingga pencuci mulut.

Sisca Soewitomo pasti mengenalkan bahan-bahannya secara lengkap di awal acara. Langkah pembuatannya pun perlahan, sehingga pemirsa bisa mengikutinya dengan mudah.

2. Resep Oke Rudy – Rudy Choiruddin

Kiblat Rudy Choirudin sebagai chef berawal dari program Selera Nusantara. Namun, namanya melambung kian tinggi lewat acara Resep Oke Rudy yang beken di era 90an.

Rudy mengenalkan masakan Nusantara dengan semangat. Acara ini juga tampil interaktif dibanding yang lain, karena demo masaknya disaksikan langsung oleh para penonton di studio.

Resep Oke Rudy tayang di dua stasiun televisi, yakni RCTI dan SCTV. Awalnya, program masak ini tayang hari Rabu, kemudian berpindah hari Sabtu pukul 08.00 WIB sejak akhir 1997.

Pada tahun tersebut, namanya masih Selera Nusantara. Tahun 1999, nama acara masak Rudy Choirudin berubah menjadi Resep Oke Rudy.

3. Santapan Nusantara – Enita Sriyana

Kangen dengan Enita Sriyana, ibu cantik berambut tebal yang legendaris itu? Kalau mengenalnya, pasti kamu sering nonton beliau di acara masak Santapan Nusantara.

Santapan Nusantara tayang di TPI (sekarang MNC TV) pada hari Sabtu pukul 08.30 WIB.

Program ini tayang sejak tahun 1996 dan berhenti pada 2012. Kalau dihitung, acara ini memecah rekor dengan waktu tayang terlama di Indonesia, yakni 16 tahun.

Acara ini berkonsep “aku cinta makanan Indonesia.” Tiap sajian adalah santapan asli Indonesia dari berbagai daerah. Wah, nasionalis banget ya?

Baca juga: 

4. Rahasia Dapur Kita – Berlianti Febriani

Salah satu program masak di stasiun televisi SCTV ini menampilkan sajian Indonesia modern.

Rahasia Dapur Kita tayang selama tahun 2000-2004. Acara ini dibawakan oleh Berlianti Febriani dan sempat ditayangkan hari Jumat pukul 11.00 WIB sebelum pindah ke hari Sabtu pukul 07.30 WIB.

Musik opening-nya benar-benar bikin kangen, deh. Tak jarang program ini mengundang praktisi, chef non-kuliner Indonesia, dan artis-artis ibu kota yang bantu memasak.

Dari masakan Indonesia hingga tren mancanegara, semua dibahas dan dipraktikkan di sini!

5. Allez Cuisine

“Allez….Cuisine!” Derry Drajat sebagai pembawa acara berteriak lantang dalam sesi pembukaan. Dalam bahasa Perancis, allez cuisine memiliki arti “Ayo Memasak”.

Kompetisi masak di Indosiar ini hadir tiap Sabtu pukul 07.30 WIB pada awal 2000.

Allez Cuisine adalah ajang kebolehan dua koki, yakni Super Chef dan penantang. Ada tiga Super Chef yang hadir tiap episode, yakni Spesialis Western, Spesialis Indonesia, dan Spesialis Tiongkok.

Setiap penantang akan melawan salah satu Super Chef. Mereka akan bertarung di sebuah arena bernama Kitchen Stadium. Waktu masing-masing kategori adalah satu jam. Nantinya, tiap hidangan akan dinilai oleh tiga juri.

Jika si penantang menang, maka ia memperoleh gelar Super Chef. Jika sebaliknya, Super Chef tetap mempertahankan gelar.

Acara ini cocok banget untuk kamu yang suka tantangan. Memacu adrenalin banget!

Baca juga: 

Nah, jadi kangen kan? Acara masak mana yang paling kamu tunggu-tunggu tiap minggunya, nih?

Suka? Vote Artikel Ini!

1 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up