Kuliner Indonesia Makin Beken Lewat 4 Film Legendaris Ini!

Film Tabula Rasa
Film Tabula Rasa. (Foto: Foody.id)

Seberapa sering kamu nonton film Indonesia ?

Pada Bulan Film Nasional, Belanga ingin mengajak kamu untuk mengapresiasi film-film lokal.

Banyak film Indonesia berkualitas dengan berbagai pembahasan. Salah satunya dengan mengekspos kuliner Indonesia.

Ada juga yang nggak membahas kuliner, tapi punya sajian ikonik yang sempat muncul di beberapa adegan. Penasaran? Simak daftarnya berikut ini!

1. Kopi Jawa Barat – Filosofi Kopi (2015)

“Gue nggak pernah bercanda soal kopi,” demikian tagline Ben si barista Filosofi Kopi.

Film adaptasi novel Dewi Lestari ini berkisah tentang dua sahabat, Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto). Keduanya berusaha mengembangkan bisnis kedai kopi untuk menutup utang.

Namun, idealisme yang berbeda membuat bisnis ini berjalan pelan. Menurut Ben, kopi adalah seni yang tanpa bahan apapun sudah terlihat indah. Sedangkan Jody percaya bahwa bisnis tetaplah bisnis. Tren pasar adalah poin yang harus diutamakan.

Film ini nggak hanya menyuguhkan secangkir kopi. Fenomena kedai artisan yang booming juga dibahas dengan apik. Banyak kedai berlomba menyajikan kopi terbaik. Salah satunya dengan pemilihan biji, dimana kopi Jawa Barat dianggap berkualitas dan “mahal”.  Ini buktinya.

Kesuksesan film arahan Angga Dwimas Sasongko ini berlanjut hingga seri keduanya di tahun 2017.

BACA JUGA: Espresso ke Frappucino, Ini Dia 8 Karakter Berdasarkan Sajian Kopi!

2. Nasi Padang – Tabula Rasa (2014)

Belum sah jadi penggemar nasi Padang kalau belum nonton film ini.

Siap-siap menelusuri dapur Rumah Makan Takana Juo milik keluarga Mak (Dewi Irawan).  Cerita bermula saat seorang perantau dari Papua bernama Hans (Jimmy Kobogau) datang ke Jakarta. Hans ingin mengejar mimpinya sebagai pesepak bola handal, sayang realita ibu kota tidak semudah yang ia kira.

Pertemuan Hans dengan Mak menumbuhkan misi baru. Mak dan keluarganya, Uda Parmanto (Yayu Unru) dan Natsir (Ozzol Ramdan), berusaha mempertahankan RM Padang sederhananya. Sedangkan Hans mengumpulkan uang untuk bisa bertahan hidup.

Nasi Padang jadi simbol kehangatan dan kekeluargaan. Kita juga disuguhkan realita bahwa bisnis keluarga kerap terancam oleh bisnis franchise dengan nama besar. Padahal semua kembali ke selera dan kualitas rasa, kan?

Sutradara Adriyanto Dewo sukses menghidangkan scene dapur yang cantik dan bikin ngiler. Selesai nonton pasti melipir ke warung Padang, deh!

BACA JUGA: Nasi Kapau, “Saudara” Nasi Padang dari Tanah Minang

3. Brownies – Brownies (2005)

Bagi penggemar film romantis, Brownies adalah salah satu film yang laris manis di masanya.

Dibintangi Marcella Zalianty dan Bucek Depp, film ini berkisah tentang perempuan sukses dan cantik bernama Mel (Marcella Zalianty) yang patah hati karena tunangannya berselingkuh. Mel yang bekerja di biro periklanan akhirnya bertemu Joe (Bucek Depp), pemilik toko buku independen.

Mel dan Joe punya satu kesamaan, yakni kue brownies. Mel adalah penggemar yang selalu gagal membuat kue tersebut. Sedangkan Joe adalah laki-laki yang lihai memanggang brownies.

Film garapan Hanung Bramantyo ini menyajikan filosofi brownies. Kue yang awalnya gagal ini ternyata tetap nikmat dan lumer di mulut, mirip dengan kisah cinta Mel.

BACA JUGA: Sejarah Kue Brownies, Kue “Gagal” yang Lezat

4. Sate – Sundelbolong (1981)


Siapa sangka film horor juga bisa menampilkan kuliner Indonesia. Film legendaris yang dibintangi Suzzanna ini punya satu adegan seram sekaligus menggelitik.

Film garapan Sisworo Gautama Putra ini berkisah tentang seorang mantan PSK bernama Alisa (Suzzanna). Sang gadis menikah dengan Herdanto (Barry Prima) dan menjalani rumah tangga yang rukun. Kehidupannya berubah saat Rudi (Rudy Salam), seorang pengusaha butik, murka karena Alisa menolak dimadu.

Pemerkosaan yang direncanakan pun terjadi dan membuat Alisa hamil. Takut ketahuan aibnya, Alisa pun memilih bunuh diri.

Arwah penasarannya melakukan balas dendam pada pelaku kejahatan. Dua di antaranya adalah Rudi dan mantan “Mami” PSK (Ruth Pelupessy). Saat gentayangan, tak jarang Alisa alias Sundel Bolong menakuti orang lain. Salah satunya adalah pesanan 200 tusuk sate di sebuah warung.

Selain sate, adegan film horor Suzzanna juga mengekspos bakpao dan soto. Bayangkan kalau kamu lagi jualan, tiba-tiba ada Suzzanna eh Sundel Bolong beli 200 makanan. Hii!

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Kaningga Janu Manggarayu
Written by
Penyuka kuliner, sejarah, dan bumbu segar. Berkelana tanpa mengenal arah, pulang ketika merasa lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up