Nugget pisang, jajanan olahan pisang kekinian. (Foto: IG@sangpisang2017)
in

12 Olahan Pisang, Mana yang Belum Kamu Coba?

Sebagai orang Indonesia, bisa kah kamu membayangkan Ramadan tanpa kolak pisang?

Pernah di sebuah drama korea “Reply 1988” yang mengisahkan kehidupan keluarga di Seoul Utara era 88-90an, pisang digambarkan sebagai buah mewah. Satu buah bisa dibagi untuk tiga mulut.

Yang bisa membeli sesisir pisang cuma orang-orang berpenghasilan lumayan sekelas pemain baduk (catur korea) yang bolak balik jadi juara di turnamen antar bangsa.

Bersyukur di Indonesia, sejak dulu pisang melimpah ruah dalam berbagai jenis. Yang familier paling- paling sekitar 10-12 jenis. Padahal Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian RI menyebutkan ada lebih dari 200 jenis pisang di Indonesia.

Umumya pisang disantap sebagai buah dan sedap digoreng, dikukus, direbus, dibakar, serta diolah jadi campuran makanan dan minuman. Sungguh buah yang gampangan, gampang diolah apa saja dan sedap.

Coba cek, dari 12 olahan pisang di bawah ini, mana yang belum pernah kamu cicipi?

1.      Semlo

Semlo merupakan minuman khas Jogja, ia juga merupakan menu khas yang ada dalam Keraton dan menjadi  minuman favorit Sultan Hamengkubuwono IX.

Semlo bisa disantap panas atau dingin. Biasanya pisang yang dipakai adalah jenis pisang kepok sedangkan airnya berasal dari campuran gula, dan air jeruk nipis.

Es semlo juga mengandung rempah-rempah yang biasanya ditemukan untuk membuat aneka wedang, seperti cengkeh, kayu manis, dan kayu secang untuk memberikan pewarna merah alami.

Kini banyak dijual dipinggir-pinggir jalan kota Jogja.

2.      Kolak

Sajian ini selalu ada dan terasa lebih enak saat Ramadan tiba. Bahan utamanya pisang, meski bisa saja menggunakan ubi, singkong, dengan tambahan kolang-kaling, dan pacar cina.

Kolak pun bisa punya bahan yang sebelumnya mungkin aneh untuk diicip. Misalnya ada kolak ayam yang jadi tradisi di Desa Gumeno, Gresik  pada 22-23 Ramadan, atau kolak radio yang berisi buah-buahan seperti salak, nanas, hingga jambu batu dari Serang Banten.

Selain itu masih ada kolak-kolak khas ditiap daerah, seperti kolak Aceh (bulukat kuah tuhe), kolding (kolak dingin) khas Medan, kolak Minang, dan sebagainya.

3.      Pisang Epe

Pisang epe adalah sebuah jajanan yang berbahan dasar pisang yang banyak ditemui di kota Makassar. Biasanya berbahan dasar pisang raja yang belum terlalu masak dan tidak lembek.

Cara memasaknya sederhana, cukup panggang pisang kemudian ditekan hingga gepeng. Sesudah itu tinggal diberikan gula merah cair sebagai topping.

Namun seiring waktu topping yang menemani pisang epe pun jadi beragam, bisa diberikan saus rasa cokelat, durian, ataupun keju.

4.      Nagasari

Nagasari adalah kue basah yang terbuat dari campuran tepung beras, tepung sagu, santan, gula dan pisang. Umumnya, pisang yang digunakan adalah pisang raja, yang dibalut dengan adonan dan dibungkus daun pisang.

Teksturnya lembut dan ada rasa asam manis dari pisang. Nagasari jadi kesukaan banyak orang, kerap kali disajikan di acara pernikahan, syukuran atau acara keluarga besar.

Nagasari sering disebut sebagai makanan khas daerah Indramayu karena sejak dulu daerah itu dikenal sebagai penghasil beras. Namun, ada juga yang menyebutkan nagasari berasal di Jawa Tengah, mengacu pemberian nama “Nagasari” dari Jaka Tingkir.

Di Makassar, penganan ini lebih akrab disebut roko roko unti.

Baca juga: Asal Usul Kue Pancong Khas Makassar

5.   Carang Gesing

Carang gesing adalah jajanan tradisional yang bercita rasa manis dan merupakan makanan khas Solo, Jawa Tengah. Bahan dasar carang gesing adalah pisang raja, telur ayam, dan santan kelapa.

Penggunaan telur dimaksudkan sebagai pengikat adonan agar saat carang gesing matang, adonannya tidak berantakan. Untuk menghilangkan amis ditambahkan pula daun pandan dalam setiap bungkusnya.

Adonan dibalut dengan daun pisang kemudian dikukus. sepintas kue ini memang seperti nagasari namun carang gesing punya tekstur yang lebih lembek.  

6.   Pisang Rai

Pisang rai adalah salah satu jajanan pasar khas Bali yang biasa dinikmati sebagai camilan atau sarapan. Pisang rai merupakan pisang yang dilumuri dengan adonan tepung yang bisa diberikan pewarna makanan sesuai selera agar lebih menarik.

Pisang yang bisa digunakan adalah pisang raja atau pisang kepok dengan tingkat kematangan sedang karena punya tekstur yang bagus saat dikunyah. Jika sudah berbalur adonan terigu, pisang akan direbus hingga mendidih.

Setelah itu, pisang digulingkan pada kelapa parut, kemudian akan disiramkan sirup merah atau kinca gula merah agar lebih manis. Pisang rai bisa dinikmati dengan secangkir teh hangat.

7.   Es Pisang Ijo

Es pisang ijo merupakan sajikan khas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Pisang akan dibalut dengan adonan tepung yang sudah diberi pewarna makanan berwarna hijau kemudian dikukus di dandang.

Sesudah matang, pisang hijau tadi akan diiris menyerupai roda yang  disajikan dengan kuah kental berwarna putih menyerupai jenang sumsum namun lebih encer dan lembek. Sesudah itu diberikan potongan es dan tambahan sirup berwarna merah untuk menambahkan rasa manis.

Baca juga: Ronde Sekoteng Jago, Cara Sederhana Menikmati Dinginnya Salatiga

8.   Sale Pisang

Sale pisang termasuk jenis camilan terkenal yang keberadaannya mudah ditemui apalagi di sentra oleh-oleh di Pulau Jawa.

Sale pisang sendiri nyatanya punya dua pilihan yakni basah dan kering, sale basah punya rasa manis yang enak di dalam mulut, diproses dengan direndam dicairan natrium bilsufit dan sesudah itu ditiriskan kemudian dijemur di rak penjemuran yang beralaskan jerami kurang lebih 5-7 hari.

Sale kering punya rasa manis serta tekstur renyah  karena pisang diiris tipis, dibalut tepung terigu kemudian digoreng hingga kecokelatan. Pisang yang bisa diolah jadi sale adalah pisang nangka, tanduk dan kapas.

Olahan pisang ini biasa diproses lewat pengeringan dan pengasapan untuk mengurangi kadar air buah, karena itu sale pisang bisa bertahan lama.

9.   Lumpia Pisang – Piscok

Lumpia biasanya berisi rebung dan ayam, namun bisa juga diisi dengan pisang. Cara membuatnya sederhana. Cukup membuat kulit lumpianya lebih dulu kemudian  isi dengan potongan pisang yang sudah agak matang agar teksturnya lembut dan memiliki citarasa manis.

Tambahkan keju, atau meises, lalu bungkus dan goreng dengan api kecil hingga kecokelatan. Lumpia pisang bisa diberikan taburan gula halus atau susu kental manis.

Camilan juga ini banyak dijajakan di kaki lima, dalam bentuk lebih sederhana: irisan pisang digulung kulit lumpia dan digoreng, biasa disebut piscok (pisang cokelat).

10.  Pisang Molen

Pisang molen berbahan dasar pisang yang dilapisi lembar-lembar adonan yang kemudian digoreng atau dipanggang. Isian pisang molen tak hanya berupa pisang saja, tapi bisa ditambahkan keju atau cokelat di dalamnya.

Pisang molen jadi salah satu hidangan dari pisang yang namanya sudah tersohor ke seantero daerah di Indonesia. Biasanya, pisang molen dijajakan bersama onde-onde, atau gorengan lain seperti bakwan, tahu, dan tempe goreng.  

Nama pisang molen konon tercipta karena bentuknya yang mirip dengan truk molen yang biasa digunakan untuk mengaduk semen.

11.  Pisang Nugget

Jenis hidangan dari pisang ini beberapa tahun terakhir menjadi trend dan kian diburu keberadaannya. Bahkan putra bungsu Presiden RI pun terjun di bisnis ini.

Pisang yang dijadikan nugget umumnya pisang raja, pisang uli atau pisang kepok. Ragam toppingnya mulai dari cokelat, choco oreo, nuttela, selai aneka rasa hingga taburan keju dan kacang almond.

Baca juga: Resep Pisang Nugget Kekinian, Dijamin Enggak Pakai Antri

12.  Banana cake

Jika punya pisang tua di rumah dan bingung mau diolah apa, mungkin membuat banana cake jadi jawaban yang pas.

Manis dan harumnya pisang dapat menyatu dengan mudah dengan adonan bolu yang lembut dan empuk. Cara dan bahan pembuatannya hampir sama dengan membuat bolu pada umumnya, hanya saja berikan tambahan pisang ambon yang sudah dihaluskan.

Campur pisang ke adonan bulu, aduk merata, lalu panggang dalam oven. Banana cake kerap kali disajikan di acara pernikahan atau acara keluarga, juga enak disantap sore hari berteman teh hangat atau kopi.

Ada tambahan olahan pisang yang belum ditulis di sini? Beritahu saya ya!

Editor: Sica Harum

What do you think?

231 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advocate

Written by AnisaGiovanny

Content Author

Bikin Opor Lebaran Tanpa Gempor

Buka Puasa, Hindari Sajian Ini