Logo Balanga

7 Menu Buka Puasa Nikmat ala Vegetarian

 7 Menu Buka Puasa Nikmat ala Vegetarian

Selama ini, menu yang disajikan untuk buka puasa lebih menonjolkan daging dan karbo. Menurut Belanga, meski set menu yang ditawarkan sudah empat sehat lima sempurna, tetap saja olahan daging dan protein lainnya lebih kreatif. Padahal, tidak semua umat yang berpuasa adalah pemakan daging. Sayur tak harusnya selalu berada di posisi pelengkap saja.

Sayur memberi banyak nutrisi setelah menjalankan puasa. Selain itu, sebagian besar sayuran mengandung mineral tinggi, sehingga bisa cepat kenyang tanpa menambah porsi.  Cocok bagi kamu yang ingin memperbaiki pola makan dan menjaga berat badan.

Dilansir dari CNN Indonesia, Direktur Bina Keluarga Kementerian Kesehatan Eni Gustina pun menganjurkan satu piring yang terdiri dari sepertiga karbohidrat, sepertiga sayuran, dan sepertiga lauk pauk serta lainnya. Jadi, kenapa tidak coba menjadikan sayur sebagai “bintang meja makan”?

Indonesia punya olahan sayur segudang. Belanga coba rangkum dalam 7 menu ala vegetarian nikmat yang cocok untuk buka puasa.

1. Botok Lamtoro

A post shared by HAY (@hanhanny) on Aug 9, 2016 at 10:45pm PDT

Suka dengan pepes? Kamu harus coba olahan kukus yang mirip pepes satu ini, yaitu botok. Bedanya, botok memakai kelapa parut sebagai salah satu bahan khasnya. Selain itu, botok dibungkus daun pisang ala tum, sedangkan pepes memanjang seperti lontong.

Ada banyak jenis botok di Jawa Tengah dan sekitarnya. Botok mlanding atau lamtoro adalah salah satu yang populer. Mlanding atau lamtoro juga biasa disebut petai cina. Biasanya botok ini dicampur dengan tempe atau tahu.

2. Buntil Daun Singkong

A post shared by Nella Novia (@noviagarnella) on Nov 6, 2017 at 12:14am PST

Apa jadinya kalau daun singkong bertemu dengan santan? Dijamin kamu pasti ketagihan! Terbukti dari banyaknya sajian daun singkong dan santan, salah satunya adalah buntil khas Dulangmas.

Buntil berbeda dengan gulai daun singkong. Pada buntil, daun singkong digulung menjadi bulatan dengan isi campuran kelapa parut, ikan teri, dan bumbu. Dari segi kuahnya, buntil sedikit lebih ringan dari gulai daun singkong khas Padang.

3. Capcay

Capcay (Foto: infokuliner.com)

Siapa yang sanggup menolak gurihnya tumisan khas Tiongkok ini. Capcay sudah banyak diolah dengan beragam bahan, bumbu, dan cara penyajian. Ada capcay tumis dengan sedikit kuah yang kental, capcay kuah dengan tekstur kuah lebih ringan, dan capcay goreng ala Jawa yang pakai kecap manis.

Pada dasarnya, capcay identik dengan sayuran dan seafood. Jika tidak menyantap seafood, kamu bisa menggantinya dengan tahu sutera yang digoreng (seperti sapo tahu) atau aneka jamur.

4. Rendang Jamur

Rendang Jamur (Foto: resepkoki.id

Tak selamanya rendang itu daging. Ingat, pada dasarnya rendang adalah cara memasak yang kemudian dijadikan nama sajian khas Padang. Jadi, sebetulnya rendang bisa dibuat dengan berbagai bahan, termasuk jamur.

Jamur punya tekstur yang lebih cepat lunak dari daging. Karenanya, rendang jamur tidak bisa sehitam rendang daging. Namun soal rasa jangan ditanya. Bumbu rendang meresap sempurna dalam jamur dan menciptakan cita rasa nikmat. Kamu bisa memakai jamur champignon, portabella, kancing, dan lainnya.

5. Pecak Terong

A post shared by Intan Purnama Sari (@intanpurnamasari81) on Nov 20, 2017 at 2:56am PST

Eits, ini bukan salah satu jurus bela diri ya. Pecak adalah jenis bumbu yang terkenal di Jawa Barat dan Tengah. Bumbu ini punya rasa khas karena terdiri dari bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kencur, dan terasi.

Pecak terong agak beda dengan pecak gurame khas Betawi. Sajian khas Pekalongan ini memakai santan dan terung yang dibakar terlebih dulu. Kamu bisa pakai terong ungu atau hijau sesuai selera.

6. Ketoprak

Makan siang di Jakarta terasa pas dengan seporsi ketoprak. Saat bulan Ramadhan, buat ketoprak untuk buka puasa nggak ada salahnya, lho.

Ketoprak Jakarta terdiri dari potongan ketupat, soun, tauge, suwiran tahu goreng, dan siraman sambal kacang yang kental gurih. Taburan bawang goreng dan kerupuk di atasnya semakin melengkapi, bahkan ada yang menambahkan telur dadar atau ceplok.

7. Nasi Pecel Madiun

Menu yang satu ini 90 persen sayuran. Pada dasarnya, pecel madiun terdiri dari aneka sayuran rebus dan sambal pecel. Sajian ini paling nikmat dengan sepiring nasi hangat dan lauk pauk..

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *