Logo Balanga

10 Makanan Super Tingkatkan Imun Tubuh, Tangkal Virus Corona

 10 Makanan Super Tingkatkan Imun Tubuh, Tangkal Virus Corona

Aneka rempah tingkatkan kesehatan. (Foto: Mariska/belanga.id)

Virus corona jenis baru atau yang dikenal dengan sebutan COVID-19 terus merebak di sejumlah negara. Bahkan COVID-19 sudah masuk Indonesia, lho. Pemerintah telah mengumumkan dua orang positif virus corona pada 2 Maret 2020. Sementara itu, data Worldometer menyebutkan hingga 3 Maret 2020 tercatat lebih dari 90.900 orang di 76 negara telah terjangkit dan lebih dari 3.100 orang meninggal dunia.

Tak perlu panik, apalagi sampai memborong semua bahan makanan pokok. Selain menerapkan gaya hidup bersih, kita harus bersyukur karena salah satu pertahanan terbaik untuk melawan bakteri dan virus yang tidak kita inginkan adalah melalui makanan. Beberapa makanan super berikut ini dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus. Pastikan beberapa diantaranya terhidang di piring kamu, ya.

1. Kunyit

Kunyit-Virus Corona
Kandungan curcumin dalam kunyit memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. (Foto: Mariska/belanga.id)

Banyak digunakan sebagai dasar bumbu kuning dalam masakan Indonesia, kunyit dikenal dapat meningkatkan respons kekebalan seseorang. Dalam beberapa penelitian, senyawa curcumin dalam kunyit disebutkan memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Tak heran, orang tua kita sering meminum ramuan jamu yang mengandung kunyit, sepert minuman kunyit asam. Ide hidangan: Ikan Pesmol atau Soto Medan.

2. Ikan tinggi lemak omega-3

Tuna, salmon, dan sardin kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak ini diketahui dapat meningkatkan respons imun secara positif sehingga membantu tubuh melawan kuman. Ide hidangan: Tuna Suwir Pedas atau Salmon Teriyaki.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya antioksidan
Sayuran hijau mengandung vitamin dan kaya antioksidan. (Foto: Buenosia Carol/Pexels)

Aneka sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam adalah sumber vitamin C dan E serta berbagai antioksidan kuat. Karena itu, mengonsumsi sayuran secara teratur merupakan pilihan terbaik untuk mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit karena virus. Ide hidangan: Cah Brokoli atau Sayur Bayam Oyong.

4. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta karoten, sejenis antioksidan yang membuat kulit ubi berwarna oranye. Beta karoten adalah sumber vitamin A yang dapat membantu mencegah kerusakan sel. Ide hidangan: Bola-bola Ubi atau Ubi Kukus.

5. Jahe

Jahe-Virus Corona
Jahe telah digunakan orang tua dari dulu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Foto: Mariska/belanga.id)

Orang-orang tua pada masa lalu banyak menggunakan jahe di berbagai hidangan dan makanan penutup, serta teh. Tidak salah, karena menurut penelitian, jahe mengandung anti-inflamasi dan antioksidan yang meningkatkan kesehatan dan sistem imun. Ide hidangan: Wedang Jahe atau Kue Jahe.

6. Bawang putih

Bawang putih adalah obat rumahan umum untuk mencegah pilek dan beberapa penyakit akibat virus lainnya. Menurut penelitian, kandungan allicin dalam bawang putih mampu mengurangi peluang terkena pilek dan membuat orang yang terjangkit pilek lebih cepat sembuh. Ide hidangan: Pakcoy Cah Bawang Putih atau Garlic Bread.

7. Buah-buahan tinggi vitamin C

Jeruk, jambu biji, pepaya, kiwi, stroberi, nanas, mangga adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Menurut para ahli, vitamin C dapat mengurangi durasi gejala flu dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia. Ide hidangan: Rujak Buah atau Salad Buah Siram Jeruk Peras.

8. Paprika merah

Paprika Merah-Virus Corona
Paprika merah, alternatif sumber vitamin C. (Foto: Artem Beliaikin/Pexels)

Jika kamu menghindari gula dalam buah, paprika merah merupakan alternatif sumber vitamin C yang sangat baik. Yang perlu diingat, menurut sebuah studi tentang metode memasak, menumis atau memanggang paprika merah dapat menjaga kandungan nutrisi paprika merah lebih baik daripada mengukus atau merebus. Ide hidangan: Sapi Lada Hitam Paprika atau Tumis Dada Ayam Paprika.

9. Teh hijau

Teh hijau mengandung hanya sedikit kafein, sehingga kamu bisa menikmatinya sebagai alternatif pengganti teh hitam atau kopi. Minum teh hijau diketahui dapat memperkuat sistem imun. Teh hijau juga mengandung flavonoid, yang dapat mengurangi risiko flu. Ide hidangan: Teh Hijau tanpa gula atau Green Tea Latte.

10. Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi yang mengandung kultur hidup bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa minum kefir bisa meningkatkan sistem imun. Selain itu kefir ditemukan juga dapat melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kerja antioksidan. Ide hidangan: Susu Kefir Coklat atau Salad Buah Kefir.

Penting diingat, walau sudah mengonsumsi aneka makanan dan minuman super di atas, tubuh kamu tidak otomatis menjadi kebal terhadap virus. Banyak faktor lain yang harus dijaga, seperti istirahat yang cukup, berolahraga teratur, mengurangi stres, perbanyak aktivitas yang bikin kamu relaks dan gembira, serta hidup bersih. Semoga kita semua terhindar dari segala penyakit, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *