Yuk, Coba Rujak Dari Moncong Sapi Khas Kota Pahlawan!

Tahukah kamu kalau “cingur” adalah mulut sapi? Tekstur yang lembut dan kenyal membuat bagian sapi ini mudah diolah jadi beragam sajian. Salah satunya adalah rujak.

Rujak cingur merupakan makanan tradisional khas daerah Surabaya, Jawa Timur.

Selain memakai moncong sapi, rujak cingur juga terdiri dari aneka buah dan sayur. Sebutlah mentimun, nanas, kedondong, kerahi atau timun krai, mangga muda, kacang panjang, bengkuang, tauge, dan kangkung.

Rujak cingur juga dilengkapi tahu goreng, tempe goreng, lontong, dan bendoyo (kerahi yang direbus). Semua bahan-bahan tersebut dicampur dengan bumbu dari petis udang, gula merah, kacang, garam, dan cabai.

Rujak cingur disajikan dengan kerupuk dan alas daun pisang. Rujak ini disajikan dengan dua cara, yakni biasa dan matengan (matang).

Rujak cingur biasa memakai semua bahan rujak, baik yang segar maupun matang. Sedangkan rujak cingur matengan memakai bahan matang saja. Jadi, kamu tidak akan menemukan buah-buahan dalam rujak cingur tersebut.

Keistimewaan sajian ini adalah perpaduan unik dari cingur, sayur, dan buah-buahan segar yang dipadu saus petis. Cita rasanya gurih manis. Ketika disantap, rasa kenyal cingur dan segarnya sayur buah bikin kamu ketagihan!

Baca juga: 

Rujak cingur mudah ditemukan di Surabaya. Salah satu warung yang wajib dikunjungi adalah Warung Rujak Cingur Genteng Durasim di Jalan Genteng No. 29, Surabaya.

Warung yang berdiri sejak tahun 1940an ini begitu legendaris. Resepnya telah diturunkan dari generasi ke generasi.

Tak hanya terkenal di Surabaya, Rujak Cingur Genteng Durasim juga populer di antara pelancong dan turis. Untuk seporsi rujak yang mengenyangkan, kamu perlu merogoh kocek Rp 40.000 – 45.000.

Selain Genteng Durasim, rujak cingur milik Ahmad Jais juga laris diburu. Lokasinya terletak di Jalan Ahmad Jais No. 40, Surabaya. Untuk seporsi rujak cingur yang khas, siapkan budget sebesar Rp 50.000 – 60.000.

Terlalu mahal? Tenang saja. Cita rasa rujak cingur yang sudah ada sejak 1970an ini beda dari yang lain. Konon, sajian lezat ini jadi langganan tokoh-tokoh nasional.

Nah, itu dia rujak cingur yang wajib diicip saat melancong ke Surabaya. Tak perlu jauh-jauh, rujak berbumbu kacang ini sudah tersebar di berbagai kota Indonesia. Bagaimana dengan kotamu?

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *