Logo Balanga

Wajib Tahu, Ini Dia Rempah-Rempah Asli Indonesia

 Wajib Tahu, Ini Dia Rempah-Rempah Asli Indonesia

Citarasa masakan Indonesia sangat khas karena penggunaan bumbu rempah asli Indonesia.  Bumbu rempah merupakan produk nabati yang digunakan untuk memberikan rasa, membumbui, dan memberikan aroma yang spesifik dalam makanan.

Tanah Indonesia yang subur menghasilkan beragam tanaman rempah berkualitas yang diakui dunia. Sebagai negara yang dijuluki Mother of Spices (Ibu Rempah), Indonesia memiliki keunggulan geografis yang menghasilkan komoditas rempah-rempah dari berbagai varietas.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Food and Agriculture Organization (FAO), Indonesia menduduki peringkat pertama produsen vanili dan cengkeh dunia serta menduduki peringkat ke-2 produsen lada dan pala dunia di tahun 2014.

Rempah-rempah tak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat dan menjadi bagian dari keseharian sebagai penambahan citarasa dan aroma pada sajian kuliner Indonesia.

Sebagian besar rempah-rempah mengandung protein, vitamin A, B dan C serta mineral seperti kalsium, fosfor, natrium, kalium, dan besi.

Rempah dapat diklasifikasikan berdasarkan karakter rasa, aroma, serta keunikannya. Misalnya rempah-rempah yang memberikan sensasi rasa pedas pada masakan, rempah-rempah yang bersifat aromatik, rempah-rempah yang digunakan untuk memberikan warna pada masakan, dan banyak lagi jenis lainnya.

Ini dia jenis rempah-rempah Indonesia lainnya yang wajib kamu ketahui.

Merica

Merica digunakan untuk menambahkan rasa pedas pada masakan. Sensasi pedas pada merica disebabkan adanya kandungan piperine yang berbentuk kristal. Merica banyak digunakan sebagai bumbu penyedap pada sup, rendang, opor, semur, dan sebagainya.

Untuk menggunakan merica dalam masakan, merica yang berbentuk bulatan-bulatan kecil perlu dihaluskan terlebih dahulu. Namun, sekarang sudah banyak merica bubuk yang dijual di pasaran, sehingga tak perlu repot-repot lagi menghaluskan merica ketika ingin menggunakannya.

Kayu Manis

Kayu manis (Cinnamonum zeylanicum) diperoleh dari kulit bagian dalam spesies tanaman kayu manis yang dikeringkan. Tanaman ini banyak tersebar di hamper semua wilayah di Indonesia, terutama di Sumatera Barat dan Kabupaten Kerinci

Selain sebagai penyedap masakan dengan rasanya yang manis, penggunaan kayu manis pada masakan juga bersifat aromatik, yaitu memberikan aroma yang sedap pada masakan. Kayu manis banyak digunakan dalam pembuatan roti, pudding, kembang gula, dan aneka masakan lainnya.

Cengkeh

Indonesia merupakan negara penghasil cengkeh terbesar di dunia. Cengkeh merupakan rempah asli Indonesia yang berasal dari Kepulauan Maluku. Rempah dengan nama latin Syzgium aromaticum ini memiliki aroma yang khas dengan rasa yang agak pedas.

Cengkeh banyak digunakan dalam pembuatan hidangan dan kue kering. Selain sebagai penyedap rasa dan penambah aroma, cengkeh juga dapat digunakan sebagai bahan pengawet alami pada masakan karne mengandung senyawa antimikroba.

Daerah penghasil cengkeh banyak terdapat di daerah Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, dan Yogyakarta.

Pala

Pala yang nama ilmiahnya adalah Myristica fragrans merupakan rempah yang berasal dari Kepulauan Banda, Maluku. Kepulauan Banda terdiri dari 10 pulau kecil di Laut Banda. Dengan kombinasi iklim dan tanah yang subur, Pulau Banda kaya akan produksi pala yang melimpah.

Pada masa lalu, pala menjadi komoditas yang menarik perhatian bangsa kolonial. Saking berharganya pala di perdagangan internasional pada masa itu, sampai terjadi pertempuran antara Belanda, Inggris, dan Portugis dalam memperebutkan Kepulauan Banda.

Fungsi pala pada masakan adalah memberikan aroma dan rasa yang khas. Pala biasanya digunakan dalam pembuatan sup, bistik, semur, gulai, asinan, dan banyak lagi.

Kapulaga

Kapulaga digunakan sebagai bumbu masakan yang bersifat aromatic dengan aromanya yang kuat dan khas. Dua jenis kapulaga yang sangat populer di dunia adalah kapulaga hijau dan kapulaga hitam.

Kapulaga putih bentuknya agak bulat dengan bobot yang ringan, bijinya berwarna hitam dengan kulit berwarna putih kecokelatan. Sedangkan, kapulaga hijau bentuknya sedikit lebih panjang dan pipih daripada kapulaga putih.

Andaliman

Andaliman adalah rempah yang berasal dari kulit luar buah tumbuan Zanthoxyum yang berasal dari suku jeruk-jerukan Rutaceae. Andaliman berbentuk bulat kecil sebesar buah lada, buahnya yang kecil-kecil banyak dan bergerombol. Andaliman menghasilkan rasa pedas pada masakan dengan aroma jeruk yang kuat.

Andaliman dikenal sebagai bumbu khas masakan Batak, dan biasanya memang hanya digunakan pada masakan Batak, seperti arsik, saksang, nanimura, dan mie gomak. Tak heran jika bumbu ini dijuluki sebagai “merica Batak”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *