Masak Mie Instan Lebih Sehat, Berikut Tipsnya!

Mie instan goreng sehat
Mie Instan Goreng Sehat. (Foto: soupaddict.com)

Berapa porsi mie instan yang kamu santap per minggu? Tiga bungkus atau lebih dari itu?

Kelezatan mie instan tak dapat dipungkiri. Kerap diserang isu miring tidak meruntuhkan produksi sajian kemasan ini.

Namun, fakta membuktikan bahwa terlalu sering menyantapnya dapat berdampak serius bagi kesehatan.

Tidak perlu panik, ada beberapa trik untuk memasak mie instan jadi lebih sehat.

Tambahkan Aneka Sayuran

Warung kopi atau kafe tenda sering menyajikan mie instan dengan sawi hijau.

Mereka saja perhatian dengan kesehatanmu, kenapa kamu tidak?

Selain cita rasa, tambahan aneka sayur juga menambah nilai gizi sajian ini. Paling tidak, tambahkan 100 gram sayuran untuk seporsi mie instan.

Tambahkan sayuran sesuai selera, seperti sawi, kol, brokoli, bok choy, tomat, selada, atau wortel. Kamu juga bisa menambahkan jamur, lho.


Baca juga: Jangan Salah! Ini Ciri-Ciri Sayuran Organik Berkualitas


Tambahkan Bahan Bernutrisi Lainnya

Kurang berselera dengan sayuran? Tambahkan bahan protein, seperti potongan ayam, ikan, dan telur.

Tak hanya protein, bahan-bahan tersebut juga mengandung vitamin, asam folat, kolin, dan kalium.

Kandungan ini penting untuk kinerja otak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Ingin berkreasi dengan keju dan susu? Kenapa tidak. Cita rasanya pasti lebih gurih dan menggugah selera!


Baca juga: Ragam Makanan yang Ternyata Cocok dengan Saus Telur Asin


Hindari Menyantap Mie dengan Nasi

Orang Indonesia merasa belum kenyang jika tidak makan dengan nasi. Alhasil, banyak yang menyantap mie dengan seporsi nasi putih.

Menuru ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, menyantap mie dengan nasi dapat berefek samping pada kesehatan tubuh. 

“Mie instan itu mengandung karbohidrat dari tepung yang diolah berulang, ditambah lagi dengan nasi putih yang mengandung karbohidrat juga. Bila keduanya dimakan bersama, gula darah akan cepat naik,” Dr. Samuel menjelaskan, dilansir dari Kompas. 


Baca juga: Sejarah Dunia Mie Instan, Katanya Indomie Paling Enak?


Racik Bumbu Mie Instan Sendiri

Bumbu mie instan mengandung MSG. Konsumsi berlebihan dapat berdampak pada kesehatan tubuh.

Kandungan zat natirumnya juga setara dengan 63% dosis garam harian seseorang. Wah, bahaya sekali kan?

Oleh karenanya, coba racik bumbunya sendiri dengan rempah alami. Gunakan bawang merah, bawang putih, dan garam secukupnya untuk bumbu dasar.

Tambahkan kecap manis, cabai segar, dan minyak sayur supaya mirip dengan bumbu kemasan.


Baca juga: Rahasia Kelezatan Mie Instan ala Warkop


Itu dia trik menikmati mie instan yang lebih sehat. Meski lebih sehat, bukan berarti bisa menyantapnya tiap hari, lho!

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up