Soto Ayam Telur Setengah Matang dan Alpukat Saus Coklat

Soto yang gak tau dikasih bumbu cinta dari mana hahaha.

Soto Ayam Telur Setengah Matang dan Alpukat Saus Coklat
Soto telur setengan matang (Foto: JadiKangenIbu/Fitri)

Aku Tia, sedang belajar di kota istimewa ini.  Kota yang dipenuhi orang yang ramah, kota yang kental akan nuansa jawanya,  yang punya banyak pilihan wisata alam ataupun fasilitas kota, serta kota yang memiliki beribu jenis kuliner dari berbagai daerah bahkan yang khas Yogya.

Sudah hampir tiga tahun, memaksaku untuk meninggalkan rumah.

Dengan kata lain,  enggak bisa kumpul sama ibu dan nikmatin setiap taburan bumbunya.
(Duh jadi kangen aja nih sama emaak cerewet yang penuh cinta itu, hehehe.)

Emang apa sih yang bikin kangen?

Ya udah pasti makanannya lah.

Sekadar nasi liwet sayur asem lauk tempe dan ikan pindang goreng ditambah sambel terasi mentahnya, yak ampun  makkk itu enak banget dah (jadi kangen bangeettt).

Yang jadi andalan ibu buat keluarga tuh biasanya sayur lodeh, pelas (mendoan jagung) mangut ikan pari, sayur papaya bumbu luwek, pecel, terong bumbu lembaran, rawon, rendang, opor dan banyak lagi yang gak mungkin aku sebutin semua.

Jus alpukat coklat (Foto: JadiKangenIbu/Fitri)

Tapi yang gak bisa aku buang rasa kangenku kalo inget soto ayam telur setengah matang dan jus alpukatnya.

Itu top up of list masakan ibu.

Soto yang gak tau dikasih bumbu cinta dari mana haha.

Dan insyaallah rencana bulan januari ini ibu mau coba cari rezeki di kota istimewa ini dengan buka kios warung soto.

Sudah pasti konsep kios dan ada tambahan di menu sotonya yang bikin pengunjung penasaran dan heran (doanya ya, hehehe).

Kalau sudah tercapai kalian atau bahkan admin kontes ini kalo main ke jogja dateng ke warung ya hehehee, ini aku share bumbu dari ibuk

Bahan bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
Lada
Kemiri
Kunyit
Jahe
Garam
Gula
Kayu manis

Bumbu taburan :
Daun salam
Daun jeruk
Serai,
dan irisan daun loncang seledri

Bumbu Sambalnya :
Kecap manis dan halusan cabe rawit

Cara masaknya:

Tumis bumbu halus dengan minyak zaitun (sedikit).

Setelah kecium wangi tambahkan kaldu ayam kampung setelah 5 menit tambahkan daun salam, daun jeruk serai dan air sesuai selera.

Setelah 15 menit tambahkan taburan daun loncang ledri dan irisan bawang goring tunggu hingga 30 menit tambahkan garam dan gula sesuai selera. Kemudian tiriskan.

Kombinasikan dengan nasi liwet rebusan mie jagung, kecambah, kubis dan telur ayam kampung setengah matang.

Terakhir tambahkan sambal kecapnya dan jangan lupa krupuk udang.

Hehehe, terimakasih selamat mecobat resep ibu aku.

Foto yang saya ambil berdasarkan object yang saya buat sendiri karena kangen ibu saya berinisiatif mencoba membuat soto andalan ibu dan amat sangat tertarik dengan lomba dari belanga ini, semoga kuliner Indonesia selalu meningkat. Dan intinya ibu adalah orang yang super duper hebat tanpa beliau kalian bukanlah apa-apa, jadikanlah ibu urusan utama kalian dan yakin urusan lain bakal lancar.

#jadikangenibu #BelangaIndonesia #masakanIndonesia #sukanulis #sukamakan #yogyaistimewa #belangaid #ceritakuliner #berbagiresep #berbagiceritaibu #banggasamaibu #semangatberkuliner #semangat berbagi

 

 

 

Suka? Vote Artikel Ini!

3 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up