Logo Balanga

Selat Solo, Si Salad khas Jawa

 Selat Solo, Si Salad khas Jawa

Terkadang, teman-teman jika mendengar istilah salad, pasti akan membayangkan makanan selada yang segar, rasanya hambar, dan mentah.

Namun, berbeda dengan selat ini karena terhidang dengan kentang, wortel, dan buncis yang dipadukan dengan telur dan tentunya daging sapi khas yang ada di dalam masak semur.

Selat ini juga diguyur dengan kuah kecap berbumbu yang menjadi identitas dari selat Solo ini. Sebagai informasi sobat, makanan ini sebenarnya bukan merupakan olahan asli kota Solo.

Namun, telah mengalami akulturasi resep dari Belanda. Yaa, beefsteak asal Eropa yang dipanggang itu diadaptasi untuk lidah masyarakat Jawa menjadi selat Solo yang berkuah.

Konon, akulturasi ini terjadi saat Belanda menduduki kota Solo pada saat penjajahan dulu. Gizi yang diperoleh dari makanan ini mayoritas adalah protein dari daging dan telur, tapi karbohidrat juga bisa diperoleh dari kentang rebus dan keripik kentangnya.

Selain itu, ada serat yang diperoleh dari wortel, buncis, dan bawang bombay.

Apabila Anda sedang jalan-jalan ke Solo, Jawa Tengah. Anda dapat menemukan selat solo di berbagai tempat. Beberapa diantaranya ada warung selat Mbak Lies, selat solo Viens, selat Tenda Biru, selat Kusumasari, selat Adem Ayem, dan sebagainya.

Banyak kan pilihannya, guys. Dengan komposisi yang sama, terkadang rasa antar warung selat tersebut beda lho, guys. Perbedaan ini dapat dirasakan pada rasa guyuran kuah selatnya.

Namun, apabila Anda tidak punya waktu luang untuk pergi berwisata ke kota Solo. Anda dapat membuat selat solo sendiri di rumah.

Untuk bahan-bahan semur kuahnya Anda perlu bawang putih, bawang bombay, jahe, merica, pala, kayu manis bubuk, dan kecap. Masak bumbu-bumbu tersebut dicampur dengan daging atau juga dengan telur.

Namun, Anda juga dapat memisahkannya. Hidangkan dengan saus mayones sebagai pelengkap selat Solo ini. Jangan lupa tambahkan selada segar untuk menambah kesegaran selat Solo.

Selamat menikmati selat Solo.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *