Sate Kato, Kembaran Sate Taichan Ini Siap Naik Daun

satay kato
Satay kato (Foto: Satay Kato Jakarta)

Pecinta sate Indonesia pasti sudah coba sate taichan khas Jakarta, dong. Sate yang berawal dari Bundaran Senayan ini tidak pakai bumbu kecap atau kacang, tapi sambal merah.

Kini muncul saingan baru sate yang nge-hits tahun 2017 tersebut, yakni sate kato khas Bogor.

Sajian yang mirip sate taichan ini juga memakai sambal merah pedas. Kelezatannya bisa diadu dengan pendahulunya. Meskipun tampil serupa, sate kato ternyata beda dengan sate taichan. Baik dari segi cita rasa dan cara penyajian.

Baca juga: Resep Sate Maranggi, Sajian Lezat Tanpa Bumbu Kecap atau Kacang

Sate kato dibuat dari daging ayam bagian paha lengkap dengan kulitnya. Kulit yang berminyak ketika dipagang inilah yang menonjolkan rasa gurih dan juicy.

Sajian khas Bogor ini disantap tanpa bumbu pelengkap. Sebelum dibakar, tiap tusuk sate dicelupkan dalam bumbu racikan yang gurih dan kaya rasa. Dalam penyajian, sate kato ditemani sepiring nasi putih hangat. Berbeda dengan sate taichan yang biasa memakai lontong.

Sambal yang disiramkan pada sate kato adalah sambal merah matang. Sedangkan sate taichan terkenal dengan sensasi sambal merah mentahnya. Sambal sate kato terkenal bercita rasa. Karena dibuat homemade, sambal ini tak hanya pedas tapi juga gurih dan manis. Hmm, top markotop!

Maka, nikmat Tuhan mana lg yg kau dustakan… #sataykato

A post shared by Satay Kato Pusat (@sataykato.jakarta) on

Bebakaran???? #sataykato

A post shared by Satay Kato Pusat (@sataykato.jakarta) on

Harga seporsi sate kato yang terdiri dari 10 tusuk ini murah banget. Kamu cukup merogoh Rp. 20.000 saja. Kalau ingin pakai nasi, cukup setorkan Rp. 5.000 lagi.

Rumah makan sate kato paling hits adalah Satay Kato di kawasan Jalan Taman Kemang, Jakarta Selatan. Warung ini juga buka cabang di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Ada 25 cabang Satay Kato yang tersebar di Indonesia, termasuk di luar Pulau Jawa seperti di Lampung dan Makassar.

Baca juga: Ragam Kuliner Jakarta yang Hits Sampai Sekarang

Peracik Satay Kato, Yudha Fajrin, menargetkan 100 cabang Satay Kato di seluruh Indonesia sebagai resolusi 2018.

Makanan kekinian yang menyasar anak muda ini sempat jadi trending topic di Jakarta. Hampir tiap malam minggu, warung sate ini ramai disesaki pembeli.

Fajrin pun berinisiatif membentuk grup Whatsapp “Kato Geng”. Jadi kalau enggan menunggu, kamu bisa pesan tempat dan menu sate kato dulu via Whatsapp. Saat datang, tinggal duduk manis dan bersantap ria deh!

Hei kamu yang ngaku anak hits Jakarta dan sekitarnya, sudah coba belum?

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up