Logo Balanga

Sate Ayam Blora, Kuliner Lezat Khas Blora

 Sate Ayam Blora, Kuliner Lezat Khas Blora

Sate merupakan kuliner yang sudah lumrah bagi masyarakat di Indonesia. Kuliner sate ini telah menjadi kuliner khas bagi beberapa daerah.

Banyak orang-orang yang telah menjajal dan mengakui kenikmatan sate madura, sate padang, sate ponorogo, dan juga sate blora. Semua sate tersebut tentunya memiliki ciri khas tersendiri yang membuat cita rasanya nikmat.

Kalau Anda tergolong penggemar sate, jangan lewatkan kelezatan cita rasa sate ayam blora yang wajib Anda coba. Ketika Anda mampir ke Kabupaten Blora, Anda bisa mencicipi kuliner sate ayam blora ini di daerah jalan Gunung Sindoro.

Di daerah tersebut banyak warung makan dengan menu sate. Biasanya terdapat tiga jenis sate, yaitu sate ayam, sate kambing, dan sate sapi (jagal). Namun, kuliner yang lebih terkenal dari Kota Barongan ini adalah sate ayam blora.

Sate ayam blora ini memiliki keunikan dibanding sate-sate ayam lainnya, seperti dalam proses memasak maupun cara penyajiannya. Pada umumnya, penjual sate ayam blora akan membakar satenya di depan pelanggan dengan tempat angkringan yang khas.

Pelanggan bisa melihat bagaimana penjual membakar sate sambil menikmati aroma sedap sate yang tengah dibakar, dan tentunya semakin membuat tidak sabar menikmati sajian sate ayamnya.

Dalam proses memasak, penjual memotong daging ayam kampung menjadi kecil-kecil, lalu merendamnya dengan bumbu yang sudah diracik. Setelah itu, penjual menusukkan potongan daging ayam yang sudah dibumbui ke tusuk sate, penjual pun membakar sate hingga masak.

Untuk penyajiannya, sate ayam blora ini akan menyajikan 4 buah piring, tapi tiap-tiap penjual sate punya kebiasaan tersendiri dalam menyajikan sate ayam blora jualannya.

Di piring pertama, akan diisi 10 tusuk sate ayam. Di piring kedua, disajikan kuah kuning berbahan santan, rempah rempah, dan kaldu ayam. Lalu, di piring ketiga ada bumbu kacang yang diracik halus bersama santan dan diberi sedikit minyak. Dan, di piring keempat diisi nasi yang sudah ditaburi bawang goreng.

Saat mencicipi kuliner satu ini, kenikamatan akan terasa saat Anda mencocolkan sate ayam kampung yang terasa lembut ke bumbu kacang yang rasanya gurih. Lalu, menikmatinya bersama nasi yang sudah disiram dengan gurihnya kuah kuning yang terasa rempah-rempahnya.

Anda juga bisa menambahkan kecap untuk menambah rasa manis pada sajian sate ayam blora yang terasa gurih dan sedikit pedas.

Ketika menikmati sate ayam blora di warung sate ayam, Anda tidak perlu membayar semua sate yang disajikan. Anda cukup membayar sate sesuai jumlah tusuk yang dimakan. Harga untuk satu porsi sate ayam blora harganya Rp25.000. Jadi, kalau satu porsi berisi sepuluh tusuk sate, harga sate per tusuknya adalah Rp2.500.

Jika Anda ingin memakan sate bersama nasi, Anda harus menambah uang sebesar Rp3.000. Paling tidak, Anda hanya perlu mengeluarkan kurang lebih Rp30.000 untuk menikmati sate ayam blora yang tiada duanya.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *