Logo Balanga

Rujak Soto, Kuliner Unik Khas Kota Gandrung

 Rujak Soto, Kuliner Unik Khas Kota Gandrung

Di ujung timur pulau Jawa, telah berdiri kukuh sejak 246 silam sebuah kabupaten kecil yang kini namanya mulai mencuat di nusantara karena terkenal sebagai kota tujuan wisata. Ya, Banyuwangi atau yang sering dijuluki sebagai kota Gandrung.

Kota Gandrung adalah sebuah kota yang baru-baru ini banyak menorehkan berbagai prestasi terutama dalam bidang pariwisatanya sehingga membuat namanya sekarang lebih dikenal masyarakat.

Banyuwangi memang banyak memiliki keunikan-keunikan, entah itu pada budaya, adat istiadat, bahasa, tempat wisata, dan bahkan kuliner.

Sebagai kota tujuan wisata, rasanya tidak lengkap jika hanya mengunjungi tempat-tempat wisata tanpa mengintip lebih jauh tentang kuliner-kuliner di Banyuwangi.

Jika kalian pernah pergi ke kota Banyuwangi, di sepanjang jalan kalian pasti selalu menemukan menu rujak soto di setiap warung. Ya, rujak soto adalah menu andalan kota Banyuwangi dalam berbagai acara.

Pada tahun 2014, rujak soto menjadi tema festival kuliner saat itu. Memang terdengar aneh untuk sebagian orang dan bahkan akan bertanya-tanya, bagaimana bisa rujak di campur dengan soto.

Rujak soto merupakan perpaduan antara rujak sayur dan soto. Rujak dihidangkan terlebih dahulu, lalu disiram dengan kuah soto.

Biasanya warung-warung menggunakan soto daging, babat, dan sebagian juga menggunakan soto ayam.

Kesan saat pertama kali menyantap rujak soto ini tentunya akan membuat kita tercengang karena rasanya unik dan tidak biasa di lidah.

Membayangkan saja tidak cukup teman-teman. Kalian harus mencobanya.

Kini rujak soto tidak hanya dijual di warung-warung pinggir jalan karena banyaknya konsumen yang ingin menikmati rujak soto, sehingga restoran-restoran di Banyuwangi pun juga menghadirkan rujak soto dalam daftar menunya.

Bagaimana, penasaran ingin mencoba rujak soto?

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *