Roti Bakar Srikaya dan Kopi Susu, Bikin Kangen Mama

Apa yang istimewa dari roti bakar srikaya dan kopi susu atau teh susu? Makanan dan minuman ini sekarang banyak kita temui di tempat-tempat yang menyebut dirinya “kopitiam”.

Orang mungkin melihatnya hanya sebagai menu khas kopitiam, tapi saya melihatnya sebagai kenangan masa kecil yang menari-nari, yang membuat saya #JadiKangenIbu.

Roti bakar atau panggang bikinan Mama adalah menu sarapan andalan. Aroma roti panggang yang keluar dari oven bikin kami, anak-anaknya, bergegas ke meja makan.

Kami nggak akan pernah menolak atau berujar “bosan”. Apalagi jika dioles selai srikaya, hmmm… setangkup roti nggak akan pernah cukup.

(Baca Juga: Cheesecake Pelipur Rindu)

Roti ini juga yang sering kami bawa sebagai bekal ke sekolah. Selai srikaya – terutama yang dibeli dari Siantar – sampai sekarang masuk daftar wajib yang harus dibawa Mama saat berkunjung ke Jakarta. Sedangkan kopi dan teh susu, menjadi kenangan liburan masa kecil.

Setiap kali kami berlibur ke kampung kakek dan nenek di Tanah Karo untuk merayakan masa panen (biasanya bertepatan libur kenaikan kelas), kami akan mampir di sebuah rumah makan tradisional.

Mama akan memesan kopi susu untuk orang dewasa serta teh susu untuk anak-anak. Mama sendiri akan menyeruput kopi susunya dengan mata terpejam, tanda ia menikmatinya.

Kopi dan teh dengan susu kental manis (yang banyaaakkk…) menjadi kenangan tersendiri yang bikin saya #JadiKangenIbu.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *