Logo Balanga

Resep Stik Keju

 Resep Stik Keju

Stik keju adalah kudapan berbahan dasar tepung terigu dan keju. Teksturnya kriuk nan renyah, rasanya gurih khas keju. Stik keju atau yang populer dengan nama cheese stick ini sudah ada di Indonesia sejak zaman dulu lho. Konon, cemilan ini merupakan peninggalan kolonial Belanda.

Bahan dasar stik keju adalah tepung terigu dan keju. Kudapan yummy ini berasal dari benua Eropa, tepatnya dari Inggris, dan sudah populer di negara asalnya sejak abad pertengahan. Wah, ternyata umur si stik keju ini sudah tua, ya. Pantas saja jika cemilan ini sangat terkenal.

Stik keju yang dihidangkan jadi cemilan di Indonesia biasanya ada juga yang dilengkapi dengan saos pedas, cocok banget untuk lidah kebanyakan orang Indonesia yang memang sangat suka pedas. Selain sebagai cemilan, stik keju juga bisa menjadi pelengkap makanan lho, seperti bubur ayam dan nasi goreng.

Biasanya, kita dapat menemukan stik keju di berbagai tempat penjual snack, toko kue, maupun supermarket yang ada di sekitar kita. Kita juga bisa lho buat sendiri stik keju dengan rasa yang tak kalah dari stik keju yang biasa dijual. Cara membuatnya pun gampang banget. Cobain yuk!

Bahan:

500 gr tepung terigu

100 gram keju, diparut

50 gram mentega

1 butir telur

1 sdt baking powder

1 sdm garam

30 gram gula pasir

Air secukupnya

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah, campurkan tepung terigu, gula, telur, baking powder, mentega, dan garam yang telah dilarutkan dengan air secukupnya (jangan terlalu banyak ya airnya, secukupnya saja) serta keju yang telah diparut.
  2. Uleni adonan yang telah dicampur hingga kalis.
  3. Setelah kalis, giling adonan stik dengan mesin giling mie secara bertahap sampai mendapatkan ketebalan yang sesuai selera. Stik keju ini akan mengembang setelah digoreng, jadi pastikan adonan jangan terlalu tebal.
  4. Sesekali, taburi dengan tepung saat sedang menggiling agar adonan tidak lengket. Teruskan menggiling dengan pisau mie yang lebar.
  5. Panaskan minyak goreng, goreng stik keju dalam mintak hingga terendam seluruhnya sampai warnanya kecokelatan.
  6. Angkat, tiriskan. Stik keju siap disajikan.

Nah, itu tadi resep stik keju buatan rumahan yang renyah, gurih, dan pastinya enak. Kamu tertarik untuk mencobanya?

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *