Resep Ketoprak Jakarta, Hidangan Sepinggan yang Tertukar Gado-Gado

Ketoprak adalah salah satu kuliner legendaris Betawi. Sejak matahari terbit hingga terbit lagi, penjual ketoprak  mudah ditemukan di tiap sisi Ibukota.

Beberapa orang setuju bahwa ketoprak mirip gado-gado khas Jawa Tengah. Padahal, kesamaan ini hanya dari bentuk sausnya saja, yaitu saus bumbu kacang.

Bahkan, saus kacang ketoprak jauh lebih sederhana, yakni cabai rawit, bawang putih, kacang tanah goreng, garam, dan sedikit air untuk mengentalkan.

Saus kacang ketoprak dibuat langsung ketika ada pesanan. Dalam kata lain, saus kacang ketoprak pasti disajikan fresh. Sedangkan kebanyakan penjual gado-gado sudah menyiapkan stok bumbu kacang yang tinggal disiramkan ke potongan sayur.

Isian ketoprak pun berbeda dengan gado-gado. Ketoprak terdiri dari potongan lontong, tahu putih goreng, bihun, tauge rebus, cacahan mentimun. Semuanya diletakkan di atas saus bumbu kacang, lalu dituang sedikit kecap manis dan tambahan kerupuk bawang.

Beberapa penjual ketoprak pun menyediakan telur goreng atau rebus sebagai lauk pendamping.

Selain jadi kuliner legendaris, cerita asal-usul ketoprak juga sangat menarik. Ternyata, nama ketoprak diambil dari bunyi “ketuprak” saat sebuah piring makanan jatuh.

Menurut cerita, dahulu ada seorang pemuda di Jawa Tengah yang membuat sajian serupa gado-gado, hanya saja tekstur dan komponen bahannya berbeda.

Waktu itu, makanan ini belum punya nama. Hingga suatu hari, sebuah piring milik pemuda tersebut jatuh dengan bunyi “ketuprak”.

Sudah terlanjur “jatuh” cinta dengan ketoprak? Mending langsung bikin sendiri saja. Ini dia resepnya.

Ketoprak khas Betawi

Bahan:

1 buah tahu putih, digoreng menurut selera, dipotong-potong

50 gr bihun, diseduh sebentar dengan air panas, ditiriskan

250 gr tauge, disiangi, dicuci, diseduh sebentar dengan air panas, ditiriskan

1 buah ketupat, dipotong-potong

Mentimun, dicacah (opsional)

Kerupuk secukupnya

Bawang goreng secukupnya

Saus kacang:

250 gr kacang tanah, digoreng

1 siung bawang putih

5 buah cabai rawit

100 ml air hangat

1 sdt garam

Kecap manis secukupnya

Cara membuat:

  1. Untuk saus kacang: haluskan kacang tanah, bawang putih, dan cabai rawit. Tuang air hangat dan garam secukupnya, lalu ulek hingga merata dan bertekstur kental.
  2. Cara penyajian: tata ketupat, potongan tahu, bihun, dan tauge di atas piring saji berisi saus kacang. Atau tata dahulu bahan-bahan tersebut, lalu dituang saus kacang.
  3. Tambahkan kecap manis sesuai selera. Beri cacahan mentimun jika mau, lalu tambahkan bawang goreng dan kerupuk jingga yang ikonik tersebut.
  4. Siap disajikan

Sekarang, tak perlu jauh-jauh ke penjual ketoprak untuk menikmati sepiring hidangan super lezat ini.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *