Resep Bubur Ayam Jakarta, Sarapan Asik Sebelum Bertarung di Ibukota

Resep Bubur Ayam Jakarta
Bubur ayam. (Foto: Agni Gomol)

Percaya atau tidak, semangkuk bubur ayam bisa mengubah pagimu yang padat di Ibukota tercinta.

Bubur ayam Jakarta adalah menu sarapan yang populer. Kamu bisa beli di penjual gerobak keliling atau langsung datang ke warung bubur ayam terdekat.

Keunikan bubur ayam Jakarta dari yang lain adalah siraman kuah berwarna kuning gurih dan ringan. Kuah kuning ini dibuat dari kaldu ayam yang dimasak dengan aneka rempah seperti kunyit, serai, kemiri, bawang merah, bawang putih, daun salam, dan serai.

Buburnya sendiri dibuat dengan beras padi, tak beda dengan jenis bubur gurih lainnya.

Semangkuk bubur ayam Jakarta disajikan dengan suwiran daging ayam, kacang kedelai goreng, bawang goreng, seledri, dan taburan kerupuk bawang.

Konon, bubur ayam di Jakarta terbagi dua jenis, yaitu bubur ayam Jakarta dan bubur ayam Betawi. Perbedaannya terletak pada kuah dan cara penyajiannya.

Bubur ayam Betawi juga dikenal sebagai bubur ase, dimana kata “ase” berarti “dingin”. Secara harafiah memang tidak disajikan dingin, tapi taburannya yang membuat bubur ini terkesan “dingin”.

Bubur ayam Betawi berwarna gelap dengan siraman kuah semur manis. Taburannya antaralain teri jengki, potongan daun kucai, kacang tanah goreng, dan bawang goreng.

Sajian ini semakin khas dengan tambahan asinan Betawi dan sambal merah. Nahasinan inilah yang membuat sensasi segar “dingin” pada bubur ayam Betawi.

Jadi meski ada di satu kota, jangan terbalik antara bubur Jakarta dan bubur Betawi. Resep berikut adalah resep bubur ayam Jakarta yang super mudah!

Bubur Ayam Jakarta

Bahan:

400 gr daging ayam, dipotong menjadi 2 bagian

100 gr beras, dicuci, ditiriskan

400 ml air

2 sdm minyak goreng

Bumbu:

2 siung bawang putih

1 sdm kunyit parut

1 sdt jahe parut

1 lembar daun jeruk

2 batang serai, dimemarkan

Garam secukupnya

Merica secukupnya

½ sdt ketumbar bubuk

Pelengkap penyajian:

Emping goreng

Kedelai goreng

Bawang merah goreng

Daun seledri, dicincang

Cara membuat:

  1. Rebus ayam dalam sepanci air hingga empuk dan agak keruh airnya.
  2. Tumis semua bawang hingga harum. Masukkan bumbu lainnya, aduk rata.
  3. Masukkan bumbu tumis ke dalam rebusan ayam. Aduk hingga warna kuningnya merata. Tambahkan garam dan merica secukupnya untuk penguat rasa.
  4. Angkat ayam, goreng sebentar, dan tiriskan. Kalau sudah dingin, suwir ayam untuk kondimen bubur.
  5. Tambahkan air rebusan ayam (air kaldu) ke dalam beras, masak hingga menjadi bubur. Kekentalan bubur bisa disesuaikan dengan takaran air, ya.
  6. Bubur siap disajikan dengan suwiran ayam dan pelengkap lainnya seperti emping, kacang goreng, bawang goreng, dan daun seledri.

Jangan lupa follow IG @belangaindonesia, atau likes Fan Page Facebook @belangaid,  coba resep ini, foto hasilnya, unggah di IG atau FB kamu, tag kami dan gunakan hashtag #CobaResep #BelangaIndonesia.

Foto yang menarik akan kami re-share dan berpeluang mendapatkan bingkisan istimewa setiap minggunya. Semoga beruntung!

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up