Rahasia Kelezatan Mie Instan ala Warkop

Rahasia Kelezatan Mie Instan ala Warkop
Mie instan ala warkop (Foto: AnisaSN)

Siapa yang bisa menolak kelezatan mie instan? Apalagi kalau kamu anak kost yang jauh dari masakan ibu.

Mie instan adalah salah satu penyelamat tanggal tua. Atau saat malas cari makan, makanan siap saji ini hanya perlu 3-5 menit untuk matang. Rasanya yang lezat membuat siapapun tergoda, entah mie goreng atau mie kuah.

Apalagi kalau mie instannya dibuatkan orang lain, pasti makin bahagia berkali lipat. Tapi pernahkah kamu bertanya mengapa mie instan warkop, warung roti bakar, dan warung lainnya terasa jauh lebih enak dari buatan sendiri?

Padahal, bila curi-curi pandang ke dapur, cara buat mie instannya tak jauh beda dengan buatanmu di rumah. Jadi, kira-kira apa rahasianya?

Supaya nggak mati penasaran, Belanga mau membocorkan rahasianya, nih. Siap-siap catat!

  1. Air rebusan yang dipakai berkali-kali. Kalau beli mie instan di warkop, kamu bukan satu-satunya pembeli di situ. Jadi biar lebih praktis, penjual akan merebus beberapa mie instan sekaligus satu satu panci. Kalaupun mie-nya sudah diangkat, air rebusan ini tidak diganti untuk mie instan berikutnya. Ternyata, air rebusan mie ini membuat rasanya makin lezat, meskipun kurang baik juga kalau kamu praktikan setiap saat.
  2. Mie dimasak utuh tanpa diaduk. Kalau masak sendiri, kita sering membagi dua mie instannya atau bahkan diremas sampai remuk. Ketika masuk ke air rebusan, tangan rasanya gatal kalau tidak mengaduk-aduk mie instan. Nah kalau di warkop, mie-nya dibiarkan utuh dan langsung dicemplungkan ke air rebusan. Selain itu, mie instan tidak diaduk sama sekali hingga empuk dan matang.
  3. Taburan bawang goreng dan kerupuk, literally. Bawang goreng ini bukan yang disertakan dalam kemasannya lho, tapi bawang goreng sungguhan. Selain itu, beberapa warkop dan warung roti bakar juga menaburkan kerupuk yang renyah. Gurihnya bawang goreng dan kerupuk bersatu membuat cita rasa mie instan tambah sedap!
  4. Pelengkapnya lebih beragam. Macam-macam pelengkap seperti sawi, bayam, sosis, bakso, kornet, tahu, dan telur kerap ditambahkan dalam sepiring mie instan warkop. Selain menambah rasa, bahan-bahan di atas otomatis bikin tambah kenyang. Mantap, deh.
  5. Ada bumbu rahasia dari penjual warkop. Sekarang banyak warung yang menambahkan sambal ulek untuk sensasi pedas yang menantang. Tentunya, pedas ini tak bisa disamakan dengan saus botolan ya? Selain itu, ada beberapa penjual meracik bumbunya sendiri. Kalau kamu cukup menuang bumbu dari kemasan, ada pemilik warkop yang punya takarannya sendiri.

Duh, kok jadi laper ya?

Tapi, sekarang sudah tau rahasia lezatnya mie instan warkop, kan? Habis baca artikel ini, kamu langsung ke dapur atau justru meluncur ke warkop kesayangan, nih? Sama, Belanga juga otw kok.

Suka? Vote Artikel Ini!

1 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up