Poffertjes, Si Kue Mini Lezat Menggigit

Poffertjes
Poffertjes (Foto: thehungarybuddha.com)

Poffertjes adalah kue yang sangat populer di Indonesia dan biasa disajikan saat Natal tiba. Kue tradisonal yang empuk ini berasal dari Negeri Kincir Angin, Belanda.

Kue ini masuk ke Indonesia pada masa kolonialisme Belanda di Indonesia. Penampilan poffertjes ini sekilas mirip dengan kue cubit khas Indonesia (Baca juga: Kue Cubit si Lembut Manis Jajanan Abang Favorit).

Poffertjes berasal dari kata poffer yang artinya pancake dan tje yang artinya mini. Jadi, pofferttjes adalah pancake yang berukuran mini.

Poffertjes terbuat dari bahan tepung terigu, buckwheat, susu, sirup, telur, ragi, mentega, garam, dan gula. Ragi ditambahkan dalam adonan sebagai bahan pengembang dan memberikan tekstur agak kenyal.

Poffertjes juga bisa dimasak tanpa menggunakan ragi.

Di negara asalnya, poffertjes berbentuk pipih seperti layaknya pancake, hanya bentuknya lebih kecil dari pancake. Ada juga yang di-twist atau digabungkan, yaitu dua lempeng pancake digabungkan menjadi satu ketika dipanggang.

Di Indonesia, poffertjes berbentuk bulat seperti bola-bola mini dengan diameter sekitar 3 cm. Ada dua macam cara untuk membentuk poffertjes menjadi bulat.

Cara pertama, adonan dituang ke cetakan, kemudian setelah adonan berkulit tetapi masih cair dibalik sehingga bagian yang cair tumpah ke cetakan, dan langsung dibolak balik dengan bantuan tusuk gigi atau tusuk sate sampai adonan berbentuk bola.

Cara kedua, adonan dituang ke setengah jumlah lubang yang ada di cetakan, setengah bagian lubang yg lain biarkan kosong. Panggang sampang matang kemudian tuang kembali adonan di lubang yang kosong.

Biarkan setengah matang atau berkulit. Tumpuk kue yang sudah matang ke atas adonan yg masih setengah matang. Kemudian dibolak balik dengan tusuk gigi atau tusuk sate hingga menyatu dan bulat.

Cetakan kue ini terbuat dari besi tempa atau tembaga yang memiliki lubang-lubang kecil tempat adonan dimasak.

Poffertjes memiliki rasa yang agak tawar, sehingga untuk menambah kelezatan rasa ditambahkan topping.

Topping klasik poffertjes adalah mentega dan gula halus. Kini ada beragam topping poffertjes, yaitu es krim vanila, saus cokelat, madu, potongan stroberi dan blueberi, parutan keju, atau topping lain sesuai selera.

Kue ini sangat lezat sebagai hidangan istimewa saat Natal tiba. Enak sekali disantap sambil ditemani susu atau cokelat hangat.

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up