Logo Balanga

Nasi Lengko, Kuliner Merakyat Khas Kota Cirebon

 Nasi Lengko, Kuliner Merakyat Khas Kota Cirebon

Kota Cirebon yang dikenal sebagai Kota Udang ternyata punya kuliner khas, yakni nasi lengko.

Meskipun tak sepopuler nasi jamblang, masakan yang satu ini patut kamu cicipi ketika berkunjung ke Kota Cirebon. Nasi lengko juga biasa disebut “sega lengko dalam Bahasa Cerbonan.

Selain rasanya yang istimewa, kuliner ini juga memiliki keunikan yang khas. Nama nasi lengko berasal dari kata langka atau jarang. Kata langka atau jarang ini berhubungan dengan jarang atau sedikitnya lauk pendamping.

Bisa dibilang, lauk yang digunakan dalam nasi lengko tergolong sangat sederhana.

Namun, ada juga yang beranggapan bahwa nasi lengko berasal dari kata lekoh atau kental. Sebab,  nasi dan lauk pauk tersebut diaduk-aduk sebelum disantap.

Bahkan seiring perkembangan zaman, ada pula pedagang yang mengakronimkan kata lengko sebagai singkatan dari “lengkap dan ekonomis”.

Tercermin dari kesederhanaan lauk pauknya, tak heran jika makanan ini dikonsumsi rakyat biasa pada zaman dahulu.

Nasi lengko merupakan kreasi masakan masyarakat Cirebon sebagai siasat atas kondisi serba kekurangan pada masa pasca kemerdekaan.

(baca juga : Tahu Gejrot, Kudapan Lezat dari Cirebon )

Nasi putih hangat yang disajikan bersama potongan kecil tempe dan tahu goreng, cacahan mentimun segar, tauge rebus, irisan daun kucai, bawang goreng dan disiram dengan saus kacang serta tambahan kecap manis.

Bagi penyuka pedas, nasi lengko akan terasa lebih nikmat ketika disantap dengan sambalnya. Namun bagi yang takut kepedasan, tambahkan kecap manis pada sambal nasi ini sehingga menghasilkan citarasa tak kalah nikmat.

Sebagai pelengkap, nasi lengko bisa dipadukan dengan sate kambing dan kerupuk mie.

Hingga kini, nasi lengko kerap dijadikan menu sehari-hari masyarakat Cirebon, yang seringnya disantap sebagai sarapan. Nasi lengko bisa diperoleh dengan mudah di berbagai sudut Kota Cirebon, mulai dari pedagang keliling, kaki lima, hingga warung makan.

Bahkan tak hanya di Cirebon, kuliner ini juga bisa ditemui di daerah Pantai Utara Jawa seperti Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya.

Nasi lengko memang sederhana dan merakyat, tetapi digemari banyak orang. Jika kamu berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untuk mencicipi kuliner ini, ya!

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *