Mie Celor Palembang yang Punya Kandungan Gizi Seimbang

Mie Celor Palembang
Mie celor (Foto: lilykrn.blosgpot.com)

Mie celor Palembang adalah salah satu makanan khas kota  yang sudah dicirikan sebagai kota pempek. Mie Celor tak kalah lezat dengan sajian khas lainnya, seperti pempek, tekwan, dan laksan.

Mie celor sering dijuluki spaghetti­-nya Palembang, lho. Disebut demikian karena mie yang digunakan punya ukuran besar dan lurus. Mie besar ini mirip dengan udon khas Jepang.

Sebutan “celor” juga karena proses memasaknya. Mie dan tauge yang digunakan sebagai bahan baku diseduh air panas terlebih dulu. Dalam bahasa Palembang, proses seduh ini disebut “celor”. Tak disangka, ya? Padahal, banyak yang mengira bahwa celor ini berasal dari kata “telor” atau telur.

Penyajian mie celor dilengkapi tauge, irisan telur rebus, taburan daun seledri, udang cincang, dan bawang goreng. Rahasia mie celor yang terasa gurih dan khas ini adalah racikan udang dan santan pada kuahnya. Tekstur kuah mie celor kental dan creamy. Aroma dan rasa udang pun sangat terasa ketika mencicipi kuahnya. Nikmat!

Di Palembang, mie celor sangat populer. Popularitasnya sejajar dengan pempek. Mie celor banyak disukai karena rasanya yang gurih, kuah kental, dan bahan-bahan pelengkap yang nikmat di lidah.

Mie celor mudah ditemui di tiap sudut Kota Palembang. Mie celor dijajakan secara kaki lima atau warung makan di pinggir jalan. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari Rp. 8.000 hingga Rp. 15.000 untuk seporsi mie celor.

Selain enak, mie celor juga memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, lho. Ada kandungan protein dalam udang yang digunakan sebagai bahan ikonik mie celor. Selain itu ada asam amino dari telur dan karbohidrat dari mie tebalnya. Selain Terdapat juga kandungan vitamin pada tauge.

Tauge memiliki kandungan vitamin E dan vitamin C yang tinggi. Selain itu, kecambah ini rendah lema dan memiliki asam folat serta protein. Asam folat dan protein sangat bagus untuk memperkecil risiko penyakit kardiovaskuler. Tauge juga mengandung fitoestrogen yang berfungsi seperti estrogen pada perempuan, yaitu meningkatkan kepadatan tulang, memperkecil risiko kanker payudara, mencegah sakit pramenstruasi, dan mencegah gangguan menopause.

Jadi selain sedap, mie celor Palembang punya kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Mantap sekali, kan?

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up