Mau Kulit Tetap Sehat? Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang melindungi kinerja organ dalam.

Kesehatan kulit juga penting dijaga. Bukan hanya dari luar, kulit juga harus rutin dirawat dari dalam.

Caranya? Coba konsumsi makanan kaya vitamin dan nutrisi untuk kesehatan kulit, seperti daftar berikut ini.

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan kulit.

Rutin minum teh hijau dapat mencegah kanker dan memperbaiki kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari.

Kandungan antioksidannya juga mencegah penuaan dini, mempercepat penyembuhan luka, dan menangkal radikal bebas.

2. Buah Delima

Buah berwarna merah ini mengandung berbagai vitamin, yakni A, C, dan E.

Buah delima juga kaya akan antioksidan. Bahkan kandungannya tiga kali lebih banyak dari teh hijau. Wow!

Buah delima bersifat anti-inflamasi, anti-mikroba, dan anti-penuaan.

Konsumsi buah ini secara rutin dapat menangkal pengaruh buruk sinar matahari, mencegah keriput dan flek hitam, menyembuhkan bekas luka, dan mencerahkan kulit.

BACA JUGA: Jangan Takut! Berikut Panduan Praktis Jadi Vegetarian

3. Goji Berry

Goji berry adalah buah yang kaya nutrisi, vitamin, mineral, protein, dan antioksidan. Oleh karenanya buah ini terkenal sebagai “super fruit”.

Goji berry mampu membuat kulit tetap elastis, menjaga keremajaan kulit, mencerahkan, serta melembabkan kulit.

Buah manis asam ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

4. Almond

Kacang satu ini mengandung esktra vitamin E, A, dan B kompleks. Kandungan ini dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, menghilangkan flek hitam, mencerahkan kulit, dan mengangkat sel kulit mati.

Almond juga mengandung selenium dan seng untuk melembabkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Konsumsi segenggam kacang almond setiap hari dapat membuat kulit tetap sehat, cerah, dan juga bercahaya.

BACA JUGA: Es Kacang Merah dan Es Brenebon yang Segar, Sedap, dan Bikin Sehat

5. Aprikot

Aprikot mengandung vitamin C dan E yang dapat menutrisi kulit.

Kandungan vitaminnya bersifat antioksidan, sehingga dapat menjaga kulit dari kerusakan akibat polusi, radiasi, dan debu.

Vitamin pada aprikot juga mampu mencerahkan kulit dan membuat kulit tetap lembut.

Aprikot mengandung asam lenoleat dan asam oleat. Dua asam ini berfungsi sebagai anti-iritasi untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

6. Semangka

Semangka mengandung banyak air yang dapat mencegah dehidrasi. Dengan begitu kulit tetap lembab, tidak kering, dan mudah keriput.

Tak hanya itu, semangka juga kaya akan vitamin A, B, dan C. Biji semangka mengandung selenium, lemak baik, dan vitamin E.

Semangka dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan penuaan dini.

BACA JUGA: Yuk, Coba 4 Merek Jamu Gaul Racikan Para Milenial Ini!

7. Beras Merah

Beras merah kaya akan serat dan rendah glukosa. Beras ini mengandung vitamin B kompleks, magnesium, protein, dan antioksidan.

Kandungan di dalamnya dapat menjaga kelembutan kulit. Dijamin, kulitmu tetap lembab dan elastis kalau rajin mengonsumsinya!

8. Air

Air sangat penting bagi tubuh. Sebab, hampir 70%  tubuh kita terdiri dari air.

Jika kekurangan cairan, tubuh akan dehidrasi dan menyebabkan gangguan kulit seperti kering, kusam, dan bersisik.

Pastikan kamu minum air putih sebanyak 8 gelas atau sekitar 1-1,5 L per hari.

Sirkulasi oksigen dan darah akan lebih lancar. Alhasil, kulit dan organ lain pun ikut terjaga kesehatannya.

BACA JUGA: Wajib Baca! 9 Makanan Ini Jaga Kesehatan Perempuan

Nah, sudahkah kamu mengonsumsi salah satu dari 8 bahan pangan di atas?

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *