Logo Balanga

Hati-Hati, Jangan Sampai Mual Saat Yoga Karena Ini!

 Hati-Hati, Jangan Sampai Mual Saat Yoga Karena Ini!

Tumpukan buah segar. (Foto: IG @1001kuliner)

Hidup yang penuh kesibukan dan aktivitas serta rutinitas yang membuat stres mengakibatkan tubuh mudah terasa lelah. Maka tidak heran bila di kota-kota besar, seperti Jakarta, banyak penghuninya yang mencari olah tubuh yang dapat membuat tubuh lebih sehat dan juga rileks, seperti yoga.

Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik.

Ia termasuk salah satu olahraga yang tidak hanya sekadar latihan fisik, namun juga mempunyai manfaat untuk melancarkan pernapasan, menyeimbangkan tubuh, metal, dan holistik, serta relaksasi.

Manfaat yoga bisa langsung terasa ke tubuh, karena saat melakukan latihan fisik, sistem pernapasan tubuh dan pikiran juga ikut bekerja.

Yudhi Widdyantoro, Founder Yoga Gembira mengatakan, “Olahraga yoga bisa dilakukan semua gender, dan tidak ada batasan usia. Ibu hamil saja bisa yoga.”

Yudhi menjelaskan, bahwa ada yang harus diperhatikan sebelum dan sesudah yoga.

“Harus diingat bahwa yang mesti diperhatikan adalah lebih baik perut dalam keadaan kosong dua jam sebelumnya,” ujar Yudhi.

“Karena, misalnya melakukan yoga postur kobra, ada tekanan yang bertumpuk pada perut, sehingga akan mengganggu kenyamanan saat yoga,” tambahnya.

Tetapi bila ingin mengonsumsi makanan sebelum dan sesudah melakukan yoga pun boleh saja.

Hanya saja perlu memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi, sehingga tidak merasa mual saat melakukan berbagai posisi yoga.

Jika ingin makan berat, lakukan 2 jam sebelum yoga, atau 30 menit sebelum untuk makanan ringan.

Dengan begitu, akan mendapatkan energi instan sebelum bergelut dengan posisi-posisi yang memerlukan tenaga, namun tak merasa mual atau begah.

Makanan ringan apa saja yang direkomendasikan sebelum memulai yoga?

Biskuit

Biskuit memiliki berbagai macam kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain kaya karbohidrat, dalam lima keping biskuit terdapat kalori berkisar antara 200-400 kalori yang dapat menjadi tambahan energi.

Yogurt

Terbuat dari susu sapi segar yang difermentasi, yogurt dapat menunda lapar lebih lama dibandingkan cemilan lain. Sisi positif lainnya, yogurt juga bisa melancarkan pencernaan.

Mengonsumsi yogurt juga bisa dengan berbagai cara, bisa langsung atau dicampurkan dengan aneka buah, sayur, dan kacang-kacangan. Membuat smoothie bowl juga asyik, sobat icip.

Buah-buahan

Mengonsumsi buah yang beragam dapat memenuhi kebutuhan gizi harian dan menjaga kesehatan.

Selain itu, buah juga dapat meningkatkan energi, seperti pisang yang kaya akan karbohidrat.

Sebaliknya, setelah melakukan rutinitas yoga, lebih baik menghindari mengonsumsi makanan dan minuman bercita rasa asam dan manis. Keduanya menghambat proses detoksifikasi dan memperbaiki fungsi otot dalam tubuh.

Sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat.

“Mengonsumsi makanan setelah yoga, tidak seketat sebelum yoga, yang harus mengosongkan perut selama dua jam, dikembalikan  lagi pada dietnya masing-masing,” ujar Yudhi.

Pada umumnya 30 menit setelah melakukan yoga sudah bisa mengonsumsi makanan berat, tergantung kebutuhan energi masing-masing orang.

Apa saja yang baik untuk dikonsumsi setelah yoga?

Salad

Salad dapat disajikan dingin atau disajikan dalam temperatur ruang.

Cocok dikonsumsi setelah olahraga karena salad bersifat ringan, tidak terlalu mengenyangkan dan tidak membuat perut penuh setelah olahraga.

Baca juga: Urban Salad Circus Jadi Alternatif Menu Sehat Bagi Jakartans

Roti gandum dan telur

Roti gandum utuh juga sangat baik untuk kesehatan, karena rendah lemak dan bebas kolesterol, selain itu roti gandum menjadi sumber karbohidrat.

Kandungan nutrisinya semakin lengkap jika dua lembar roti gandum utuh diberikan isian telur mata sapi yang digoreng dengan minyak nabati atau telur rebus.

Telur ayam yang mengandung 12,4 gram protein ini dapat memenuhi asupan protein harian.

Jus buah tanpa gula

Meminum jus setelah latihan yoga juga baik untuk tubuh. Selain menyehatkan, jus buah murni sangat ampuh mempertahankan berat badan.

Padu padan rasa buah agar minum jus tetap terasa nikmat walau tanpa tambahan gula.

Misalnya, stroberi yang agak masam dicampur dengan pisang yang manis, menghasilkan jus buah manis nan kental yang mengenyangkan.

Sup

Semangkuk sup bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengisi perut setelah membakar kalori selama melakukan aktivitas yoga.

Semangkuk sup yang berisi sayuran juga dapat mendetoksifikasi tubuh.

Dengan memperhatikan asupan makanan seperti di atas, hasil yoga kamu pasti akan lebih optimal.

Editor: Ellen Kusuma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *