Makanan Fusion nan Lezat ala Mie Aceh

Makanan fusion menjadi tren kuliner pada beberapa tahun belakangan ini. Sebenarnya apa sih makanan fusion itu?

Makanan fusion atau fusion food adalah kombinasi dari beberapa elemen makanan yang berasal dari dua atau lebih tradisi atau budayadari negara yang berbeda, kemudian dipadupadankan sehingga menjadi makanan dengan cita rasa baru.

Indonesia sebagai surganya kuliner memiliki banyak ragam hidangan yang merupakan makanan fusion, salah satunya adalah mie aceh. Mie aceh adalah hidangan mie yang memiliki cita rasa gurih dan pedas.

Mie aceh berasal dari perpaduan antara bumbu rempah khas Aceh dengan kuliner Cina dan India.

Bumbu rempah yang diracik dari cabai, bawang, ketumbar, merica, kemiri, dan jahe adalah cita rasa khas Aceh. Seafood pada mie aceh merupakan pengaruh dari letak geografis Aceh yang dikelilingi lautan dan Selat Malaka. Mie merupakan makanan khas dari Cina. Kuah kari yang kental dan gurih berasal dari India.

Ada dua cara penyajian mie aceh, yaitu goreng dan kuah. Mie aceh kuah disajikan bersama dengan kuah kari yang kental. Mie kuning disajikan dengan seafood berupa cumi dan udang, irisan daging sapi dan kambing, dan dilengkapi dengan potongan bawang merah, mentimun, emping, dan jeruk nipis.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *