Logo Balanga

Lilit Lidahmu dengan Nikmatnya Sate Lilit

 Lilit Lidahmu dengan Nikmatnya Sate Lilit

Bali merupakan salah satu pulau yang menjadi idaman untuk dikunjungi, baik itu bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Mereka rela menghabiskan banyak uang demi bisa mengunjungi surganya dunia, yaitu Pulau Bali atau yang lebih cantik disebut sebagai Pulau Dewata.

Para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata akan dimanjakan dengan pesona alam yang indah dan nikmatnya kuliner yang jarang ditemukan di tempat lain. Banyak sekali kuliner yang lezat dan nikmat yang bisa dinikmati dengan harga yang sangat bersahabat.

Banyak sekali kuliner yang sudah siap melilit lidah para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Salah satu kuliner yang paling banyak digemari dan menjadi ciri khasnya Pulau Dewata adalah sate lilit.

Sate lilit merupakan salah satu masakan yang memiliki bentuk dan rasa yang unik dan bisa menggelitik lidah penikmatnya.

Sate lilit bisa diolah dari beberapa bahan utama seperti daging sapi, ayam, babi, ikan, udang, dan lain sebagainya sesuai keinginan.

Akan tetapi, jenis sate lilit yang paling banyak menjadi primadona para wisatawan adalah sate yang berbahan daging ayam. Apalagi dengan metode pembuatannya yang sangat menarik.

Hal menarik lainnya dari sate lilit adalah pada penggunaan batang serai atau bambu sebagai “Tusuk”.

Luluh sate atau daging yang telah telah halus serta telah dihujani dengan bumbu yang sangat menggelitik hidung, akan dililitkan pada sebatang serai atau bambu yang kemudian akan dibakar di atas arang.

Hal tersebut yang membuat masyarakat Bali menamakan sate tersebut sate lilit. Batang serai itu sendiri akan memberikan aroma wangi pada sate lilit yang telah dibakar.

Sate lilit yang telah matang akan siap disantap dengan ditemani gurihnya “sambal matah” ataupun sambal tomat sebagai sambal cocolan.

Selain ditemani oleh sambal matah ataupun tomat sate lilit  juga sering ditemani oleh bumbu kacang, seperti halnya pada sate kambing, atau yang lainnya. Rasa pedas dari bumbu-bumbu yang menjadi teman dari sate lilit akan siap melilit lidah dan membuat banyak orang ketagihan.

Sate Lilit  yang melilit lidah dapat dinikmati dengan harga yang terjangkau. Serta banyak sekali rumah makan yang selalu menyuguhkan sate lilit sebagai penarik para wistawan yang ingin berkunjung dengan perut kosong.

Gigitan pertama dari tusukan sate lilit yang masih panas dan diselimuti dengan bumbu yang enak akan membuat lidah para wisatawan terlilit oleh mantapnya sate lilit khas Bali.

Apalagi menikmatinya sambil memandang pesona alam yang sangat menawan, seperti sunset di Pantai Kuta, dan pesona alam yang lainnya.

Rasa perut yang keroncongan akan berubah menjadi puas setelah menikmati sate lilit khas Bali. Ayo, kunjungi Pulau Dewata dan siapkan diri untuk dililit oleh nikmatnya sate lilit.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *