Lemang

Lemang adalah makanan khas tradisional Minangkabau. Lemang merupakan makanan yang dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bumbu, setelah sebelumya digulung dengan selembar daun pisang.

Gulungan daun pisang tersebut yang sudah berisi beras ketan dicampur dengan santan kelapa kemudian dimasukkan ke dalam bambu lalu dibakar sampai matang.

Lemang sering dijumpai pada hari raya seperti idulfitri dan iduladha. Lemang bisa dimakan dengan berbagai macam lauk, seperti rendang, durian, tape uli, telur dan lain sebagainya.Lemang lebih nikmat jika disantap hangat hangat.

Rasa lemang yang sangat gurih membuat orang yang memakannya terasa ketagihan. Di dalam lemang terkandung sebanyak 3.778 kalori dan terdapat vitamin A serta kalsium yang memberikan kekuatan pada tulang.

Lemang lebih dianggap sebagai makanan yang melambangkan kemeriahan dan hubungan silaturahim antar sesama manusia. Ini karena lemang bukanlah makanan yang biasa yang mudah untuk dimasak.

Lemang membutuhkan teknik dan cara yang tepat. Oleh karena itu, sifat tolong menolong sesama haruslah ada untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang memuaskan.

CARA MEMBUAT LEMANG

Bahan bahan:

  • 1 kg beras ketan
  • 1 liter santan kelapa (yang kental)
  • Garam secukupnya
  • Bambu/ buluh muda secukupnya
  • Saun pisang secukupnya

Cara membuat:

1. Cuci beras ketan hingga bersih. Agar hasilnya lebih maksimal, setelah dicuci bersih lalu direndam selama 4 jam. Kemudian cuci kembali dan tiriskan.

2. Setelah dicuci dan ditiriskan campurkan dengan garam dan santan. Lalu, aduk yang rata agar tercampur sempurna dan sisihkan.

3. Selanjutnya, ambil bambu lalu cuci yang bersih bagian luar dan dalamnya. Kemudian lapisi bagian dalam bambu dengan daun pisang. Biarkan daun pisangnya lebih di pucuk bambu.

Caranya, daun pisang digulung terlebih dahulu, lalu masukan ke bagian dalam bambu menggunakan penjepit dari bambu.

4. Masukkan beras ketan yang telah dicampurkan santan dan garam tadi ke dalam bambu. Jangan mengisi beras ketannya terlalu penuh kedalam bambu, isi saja kira-kira 3/4 bagiannya saja lalu tutup dengan daun pisang yang lebih dipucuk tadi lalu rapatkan.

Kemudian tutupi lagi bagian atas bambu dengan daun pisang yang digulung sebagai tutup bambunya.

5. Bakar lemang diatas bara api yang cukup panas dengan posisi bambu kearah atas, tapi agak miring. Agar matangnya rata, putar-putar bambunya

6. Sesudah lemangnya matang, tunggu beberapa saat sampai tidak terlalu panas. Kemudian lemang di keluarkan dari bambu, dengan cara membelah bambunya. Selanjutnya, potong-potong lemangnya dan siap dihidangkan.

Selamat mencoba!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *