Dari Selat hingga Setup, Kuliner Belanda Kumpul di Solo

Dari Selat hingga Setup, Kuliner Belanda Kumpul di Solo
Selat Solo khas Rumah Makan Kusuma Sari. (Foto: kayusirih.com)

Zaman kolonial memang sudah lewat. Namun, warisannya tetap diturunkan dari generasi ke generasi. Dari Belanda kita mengenal aneka sajian seperti semur, klapertart, kastengel, hingga bistik.

Berhubung musim hujan, tak ada salahnya melipir ke Solo, Jawa Tengah. Selain mencicipi hidangan lokalnya, kamu juga bisa bernostalgia di sebuah restoran ala oma opa. Terutama penggemar sup dan steak, kamu wajib singgah di sini untuk makan siang atau malam.

Restoran Kusuma Sari adalah rumah makan legendaris di kota Solo. Berdiri sejak 1970 sebagai jasa catering, spot kuliner jadul ini membentuk bisnis restoran pada 1990an.

Meski nuansanya adalah restoran keluarga, Kusuma Sari juga kebanjiran pengunjung milenial. Kalau ada perayaan khusus atau malam minggu, rumah makan yang nampak sederhana ini selalu ramai oleh anak muda.

Apa saja sih menunya? Berikut penelusuran Belanga!

Baca juga: Sop Buntut, Segar dan Gurihnya Sup Ekor Sapi Kebanggaan Indonesia

1. Selat Solo atau Bistik Jawa

@Regram from @prtwiayud

A post shared by Kusuma Sari Resto & Ice Cream (@kusumasarisolo) on

Ini dia menu utamanya. Selat Solo adalah incaran pelancong dan pengunjung Kusuma Sari.

Meskipun namanya “selat”, sajian ini beda dengan salad ala barat. Bahan utamanya potongan daging sapi yang dimasak bumbu manis. Bumbunya terdiri dari kecap manis, kecap Inggris, cuka, merica, bawang putih, dan garam.

Daging yang juga disebut bistik Jawa ini disajikan dengan kentang (potato wedges), irisan keripik kentang, potongan telur rebus, wortel, buncis, dan selada. Tak lupa saus mustard yang gurih menyengat juga melengkapi hidangan.

Menu alternatif: Steak lidah sapi, steak lapis, dan chicken gordon bleu.

2. Sup Bunga Matahari

Soup Kusuma Sari Susu Putih merk Panas #soup #kusumasarisolo #solo #dinner

A post shared by Febritabhutty (@febritabhutty) on

Seperti namanya, sup gurih ini sukses membuat harimu secerah mentari. Tampilan yang unik membuat selera makan jadi bertambah.

Sup ini menyajikan “bunga matahari” yang disiram kuah kaldu hangat. Kelopak bunganya terbuat dari telur dadar tipis yang diisi serutan wortel, jamur kuping, jamur putih, kacang polong, pipilan jagung manis, dan sosis. Semua bahan ditata hingga membentuk pola yang cantik.

Konon sup bunga matahari hanya ada di kota Solo, lho. Sajian unik ini biasa dipesan untuk acara spesial seperti arisan, pesta pernikahan, dan santap keluarga besar.

Menu alternatif: Sup galantin, sup mekarsari, dan zuppa soup.

3. Setup Makaroni

Da best croquette and stoop macaroni in town ????????

A post shared by Laurensia Mariana (@mayymayi) on

Siapa yang bisa menolak makaroni? Salah satu jenis pasta ini punya banyak penggemar di Indonesia.

Kalau berkunjung ke Solo, jangan lupa cicipi setup makaroni ala Kusuma Sari. Setup atau stoop adalah sajian berkuah yang dimasak dengan susu, keju, kaldu, margarin, dan beragam bumbu. Setup khas Solo memakai makaroni berukuran panjang seperti udon. Tak lupa ditambahkan potongan dadu ayam dan sosis.

Rasa gurih berpadu kuah hangat benar-benar pas untuk cuaca dingin. Sajian ini konon jadi santapan favorit bangsa Belanda saat singgah di Solo. Kayaknya bisa diadu dengan pasta carbonara ya?

Menu alternatif: Spagethy, fish ala meuniere, dan hamburger chip

4. Kroket Kentang


Menu pembuka atau appetizer ini paling laku keras. Meski sudah banyak dijajakan, kroket ala Kusuma Sari ini wajib dicoba.

Kroket merupakan olahan kentang tumbuk yang diberi bumbu. Adonannya berbentuk bulat dan digoreng dengan lapisan tepung panir. Rasanya lembut dan gurih, cocok untuk ngemil atau “pemanasan” sebelum menyantap hidangan besar.

Kamu bisa pilih mau pakai mayonaise atau tidak. Mayonaisenya berwarna kuning dengan rasa gurih dan nikmat. Sepertinya dibuat dengan kuning telur, garam, dan bahan rahasia lainnya. Siap-siap ketagihan!

Menu alternatif: Risoles, lumpia, dan kulit goreng

Baca juga: Pasar Gede Solo, Tempat Pas Menikmati Kuliner Lokal yang Legendaris

Selesai makan, jangan lupa pesan es campur dan es krimnya ya. Dua pencuci mulut ini juga ciamik dan bikin kamu pulang bahagia.

Tak perlu takut dengan harganya karena pas sekali dengan kantong pelajar. Yuk diburu!

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Kaningga Janu Manggarayu
Written by
Penyuka kuliner, sejarah, dan bumbu segar. Berkelana tanpa mengenal arah, pulang ketika merasa lelah.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up