Kuliner Khas Kota Batang

Saya berasal dari Batang. Saya lahir dan besar di sini. Batang merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi Jawa Tengah. Batang terletak di pantai utara biasa disebut dengan pantura.

Walaupun kotanya kecil hanya terletak di sepanjang alun-alunnya, tapi Batang juga memiliki banyak kuliner khusus khas Batang yang banyak disukai oleh para penikmat kuliner, yaitu nasi megono. Nasi megono merupakan nasi yang dicampur dengan bumbu megono.

Megono ini terbuat dari nangka muda yang dicacah kecil-kecil dan diberi kelapa yang sudah dicampur dengan bumbu khusus agar rasanya jadi lebih enak. Nasi megono ini akan lebih enak bila dimakan dengan ikan cue atau ikan pindang.

Nasi Megono, salah satu kuliner Batang

Selain nasi megono, ada lagi kuliner yang berasal dari kota Batang ini, yaitu soto tauto. Soto tauto merupakan soto yang terbuat dari daging sapi atau ayam dan bumbunya yang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dari tauco. Soto tauto ini sangat enak bila dinikmati bersama lontong.

Lontong Sayur ala Mbak Moer yang nikmat

Selain soto tauto, ada satu lagi kuliner khas kota Batang, yaitu lontong lemprak. Diberi nama lontong lemprak karena cara menikmatinya dengan cara “nglemprak” alias duduk bersila di atas tikar atau lesehan.

Hal yang berbeda dengan lontong sayur ini dengan lontong sayur lainnya karena lontong sayur ini disajikan dengan lauk opor ayam kampung yang diberi bumbu dengan rempah-rempah, seperti merica, jahe, kunyit, bawang, bawang merah, gula aren, daun salam, dan akar sereh.

Campuran rempah-rempah itu membuat tekstur daging ayam yang berukuran besar menjadi lembut dan beraroma lain daripada opor yang biasa disajikan saat lebaran tiba. Salah satu penjual yang terkenal di daerah Batang, yaitu Mbak Moer. Ia berjualan di area alun-alun Batang.

Nah, itulah beberapa kuliner khas kampung halaman saya. Walaupun kotanya kecil, tapi memiliki banyak daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke sana. Jangan lupa untuk berkunjung ke sini ya.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *