Kuliner khas KepuluanRiau

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

hai teman-teman

Disini aku akan membahas tentang wisata kuliner di daerahku, yaitu Kepulauan Riau.

Kepulauan Riau adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara; Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat di timur; provinsi KepulauanBangka Belitung dan Jambi di selatan; Negara Singapura, Malaysia dan provinsi Riau di sebelah barat. Provinsi ini termasuk provinsi kepulauan di Indonesia.

Secara keseluruhan wilayah Kepulauan Riau terdiri dari 5 kabupaten, dan 2 kota, 52 kecamatan serta 299 kelurahan/desa dengan jumlah 2.408 pulau besar, dan kecil yang 30% belum bernama, dan berpenduduk. Adapun luas wilayahnya sebesar 8.201,72 km², sekitar 95% merupakan lautan, dan hanya sekitar 5% daratan.

ya itu dia sedikit pembahasan tentang provinsi Kepulauan Riau atau bisa disebut juga dengan Kepri.

dari pembahasan diatas itu lah mari kita coba untuk menelusuri atau kita berwisata kuliner di daerah Kepri. Kalau orang-orang lebih mengenal banyak wisata di Kepulauan Riau, Kepulauan Riau tidak hanya wisata alam saja tetapi makanannya juga tidak kalah menarik loh.

Di Kepri ada banyak makan atau wisata kulinernya, jadi kalau kalian berkunjung ke Kepri sebaiknya jangan lupa mencicipi makanannya karena selain namanya yang unik, rasanya pun tidak kalah enak dengan makanan daerah lain. Apa saja sih?

Berikut ini  Top 5 makanan khas Kepri

1. Gong-gong

5 Makanan Khas Kepulauan Riau yang Terkenal Unik, Mau?

Gong gong atau siput laut merupakan makanan khas masyarakat di Kepulauan Riau. Cara memasak gong gong di rebus terlebih dahulu dan di santap dengan mencongkel dagingnya dengan tusuk gigi dan di cocol dengan sambal khas.

Sekilas makanan ini terlihat tidak menggiurkan, tetapi jika sudah menyantapnya pasti akan ketagihan karena rasa asin dan teksturnya yang kenyal.

2. Mie lendir

Makanan Khas Kepulauan Riau Mie Lendir

Makanan khas Kepulauan Riau yang satu ini dilihat dari namanya sangat aneh ya. Namun mie lendir ini sangat terkenal di daerah Batam, Kepulauan Riau. Jajanan ini dibuat dari mie kuning rebus serta tauge dan telur rebus. Sementara untuh bahan baku kuahnya adalah kacang tanah, ubi dan bumbu-bumbu khas lainnya.

3. Lendot

Lendot, Makanan Berlendir Khas Melayu Pulau Kundur

Lendot merupakan makanan khas pulau Karimun, Kepri. Makanan ini berupa sayur bayam dan kangkung. Yang membedakannya dari makanan ini adalah pada kuahnya.

Kuah yang disajikan bertekstur seperti lendir sehingga dinamakan lendot oleh masyarakat sekitar. Menikmati sayuran dengan kuah yang seperti lendir memiliki sensasi yang berbeda apalagi jika ditambah dengan udang dan bilis. Kalau ke Pulau Karimun, jangan lupa beli ya!

4. Luti gendang

5 Makanan Khas Kepulauan Riau yang Terkenal Unik, Mau?

Luti adalah sebutan orang melayu untuk roti. Luti gendang juga berasal dari pulau tarempa. Luti gendang ini memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Luti gendang ini berisikan ikan tuna yang telah di campur dengan rempah-rempah khas pulau tarempa. Makanan ini cocok untuk menemani anda di pagi atau sore hari untuk sekedar bersantai dengan teh atau kopi.

5. Mie tarempa

foto

Bentuk mi tarempa cukup unik. Seperti kwetiau, bentuknya pipih, tapi ukurannya kecil. Tekstur mi berwarna kuning ini sangat lembut dan empuk. Ketika masuk mulut, mi yang panjang dapat langsung terputus tanpa harus digigit lebih dulu.

Mi tarempa cukup kesohor bagi pecinta kuliner Nusantara. Sebab, mi ini otentik dan langka. Ia cukup sulit ditemui bila Anda tak sedang berada di wilayah Kepulauan Riau.

Mi tarempa ialah mi khas Pulau Anambas. Asal-mulanya dari daerah bernama Tarempa. Tarempa merupakan kelurahan kecil di pesisir pulau tersebut. Tempat muasalnya mi ini amat berpengaruh terhadap rasa, dan komplemennya.

Lantaran berasal dari pesisir tempat orang dari berbagai daerah datang dan pergi, mi tarempa sarat akan bumbu yang royal. Campuran rempah dari berbagai daerah tersaji dalam sepiring mi. Mi ini juga disajikan bersama suwiran tongkol, ikan air asin khas perairan Nusantara.

ya itulah top 5 makanan khas Kepri, bagi teman-teman atau kalian yang pecinta wisata kuliner belum sah rasanya kalau belum berkunjung ke Kepulauan Riau untuk mencicip makan khasnya.

ayo berkunjung ke Kepulauan Riau ! 😀

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *