Raw Food Diet Tidak Sulit. Ini Aturan Mainnya!

Buah-buahan segar menu diet raw food
Buah-buahan segar menu diet raw food (Foto: Pixabay/silviarita)

Masyarakat Indonesia kembali menyantap makanan sehat dan alami. Beragam pola makan diusung demi memperbaiki kualitas diri. Salah satunya raw food diet atau diet bahan mentah.

Kata “mentah” mungkin terdengar kurang nikmat untuk disantap. Pasalnya, tidak semua bahan pangan mentah memang enak dimakan langsung.

Raw food diet tidak melangkah sejauh itu. Penganutnya boleh menyantap bahan mentah atau dimasak dengan suhu kurang dari 40°C. Hal ini dipercaya dapat menjaga keutuhan nutrisi, sehingga lebih mudah diserap tubuh.

Diet ini juga mencegah berbagai penyakit kronis, menurunkan risiko penyakit jantung dan kolesterol, menurunkan konsumsi lemak jenuh, menjaga berat badan ideal, dan menyehatkan sistem pencernaan.

Sebelum memulai, ikuti petunjuk yang satu ini!

1. Pilih Makanan yang Tepat

Tidak semua makanan bisa disantap dalam kondisi mentah. Beberapa justru berbahaya bila dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Hindari kacang merah, kacang kapri, kacang polong, biji aprikot, singkong, dan bayam. Daging dan telur pun sangat tidak disarankan dalam kondisi mentah.

2. Cuci Makanan dengan Air Bersih dan Steril

Konsumsi makanan mentah lebih berpotensi terjangkit penyakit.

Oleh karena itu, permukaan makanan harus dibersihkan dengan benar untuk melepas bakteri dan mikroba.

Pastikan sayur dan buah dicuci dengan air bersih.

Gunakan air filtrasi yang terjamin kehigenisannya, baik untuk mencuci bahan makanan atau minum sehari-hari.


Baca juga: 


3. Pilih Makanan Organik 

Sayuran dan buah organik memiliki nilai gizi yang lebih tinggi.

Cara penanaman tersebut tidak memakai bahan kimia dan pestisida. Alhasil, tidak ada residu yang menempel pada makanan.

Makanan organik memang sangat disarankan untuk penganut raw food diet. Kandungan nutrisinya lebih tinggi dengan risiko kesehatan yang lebih minim.

4. Rendam Makanan dalam Air Bersih 3-5 Menit

Selain cuci, penting untuk merendam bahan makanan dalam air bersih sebelum disantap. Terutama untuk makanan non-organik. Hal ini untuk menghilangkan residu pestisida di dalamnya.

Kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, dan kacang mete juga perlu direndam. Rasa pahitnya akan hilang dan teksturnya lebih mudah dicerna.

Tips:

Lakukan raw food diet secara perlahan agar tubuh tidak“kaget”. Pola makan yang berubah secara mendadak akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Awali dengan mengganti makanan kurang sehat dengan buah-buahan di pagi hari.

Hari berikutnya, konsumsi jus buah di pagi hari dan sayuran mentah di siang hari.

Secara perlahan, tingkatan frekuensi secara kontinu ini akan terbiasa setelah 3 hari.

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up