Jangan Salah! Ini 5 Mitos Diet yang Sering Kita Percaya

Kadang, ada berbagai hal yang menggagalkan proses diet. Entah itu mindset atau informasi yang keliru.

Padahal konsep diet cukup sederhana, yakni mengatur pola makan agar seimbang gizinya. Proses ini dilakukan secara perlahan karena tubuh perlu menyesuaikan diri.

Seringnya kita terburu-buru ingin cepat kurus atau gemuk. Alhasil diet yang dilakukan justru memberi dampak pada kesehatan tubuh.

Ingin melakukan diet dengan sehat dan aman? Ketahui mitos dan fakta seputar diet yang banyak beredar.

1. Mitos: Jangan sarapan agar cepat kurus

Fakta: Sarapan sangat penting bagi tubuh setelah delapan jam berpuasa (tidur malam). Hal ini berfungsi untuk melancarkan metabolisme tubuh.

Menurut American Journal of Epidemology, orang yang melewatkan sarapan justru lebih cepat gemuk. Penelitian American Heart Association pun menambahkan bahwa orang yang tidak sarapan cenderung mudah lapar dan makan lebih banyak.

BACA JUGA: 9 Menu Sarapan Ciamik dari Berbagai Daerah Indonesia

2. Mitos: Makan di atas jam 19.00 bikin gemuk

Fakta: Berdasarkan U.S Department of Agriculture‚Äôs Weight Control, makan jam berapapun sebetulnya tidak masalah. Namun perlu diperhatikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

Porsi makanan harus sesuai dengan aktivitas yang dilakukan pada hari itu. Kalau lebih sering bekerja luar ruangan, kamu butuh asupan kalori yang lebih banyak dari pekerja dalam ruangan.

Ingat, makan malamlah dengan porsi secukupnya. Pastikan menunya memenuhi kebutuhan gizi dengan tambahan buah, sayur, dan air mineral ya!

BACA JUGA: Jangan Salah! Ini Ciri-Ciri Sayuran Organik Berkualitas

3. Mitos: Karbohidrat bikin gemuk

Fakta:  Jangan takut dengan karbohidrat! Zat ini tetap penting bagi tubuh, jadi sebisa mungkin tidak di-skip ya.

Konsumsi karbohidrat secukupnya nggak akan bikin gemuk. Zat ini dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi dan membantu proses pembakaran kalori.

Pilih jenis karbohidrat yang mudah terbakar, seperti kentang, beras merah, dan gandum utuh.

BACA JUGA: Gaya Hidup Nasi Padang 'Halo Orang Minang, Sehat?'

4. Mitos: Olahraga berlebihan bikin cepat kurus

Fakta: Olahraga adalah bagian dari proses diet, tapi bukan berarti mendominasi.

Olahraga dapat membantu proses diet asal dilakukan dengan teratur. Terlalu berlebihan olahraga justru membahayakan kesehatan. Apalagi jika kamu bukan orang yang rajin berolahraga.

Untuk membiasakan diri, kamu bisa mulai dengan olahraga ringan yang sesuai kondisi tubuh. Misalnya lari santai, aerobik, renang, bersepeda, yoga, dan kardio.

Berolahragalah secara rutin dan jadikan kebiasaan supaya berat badan ideal semakin di depan mata.

BACA JUGA: Aplikasi Diet Gratis & Canggih Untuk Mencapai Body Goals-mu!

5. Mitos: Minum air es bikin gemuk

Fakta: Air es tidak mengandung kalori, jadi siapa bilang bikin gemuk?

Memang ada anggapan bahwa air es dapat membekukan lapisan lemak di perut. Alhasil, orang yang suka minum air es punya perut buncit dan besar.

Anggapan ini jelas salah. Tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa air es dapat membekukan lemak perut. Kecuali kamu minum air es dengan rasa manis dan berkalori seperti es cokelat atau milkshake.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *