Indonesia itu Keren

Jenang procot adalah salah satu kuliner khas kota Solo. Jenang berarti bubur dan procot berarti keluar dengan mudah.

Buat Anda yang belum pernah makan atau mencicipi bubur yang satu ini, jangan harap bisa mendapatkan bubur ini ketika berkunjung ke kota Solo. Karena tidak ada satu pun penjaja jenang ini di sepanjang jalan maupun di pasar tradisional.

Jenang procot hanya dibuat untuk upacara tradisi menyambut kelahiran seorang bayi. Wanita yang sedang hamil 9 bulan akan dibuatkan jenang procot ini. Harapannya, agar si wanita ini dapat lahiran dengan mudah. “Mak procot” begitu yang dibilang orang Jawa.

Jenang procot bukan hanya jenang biasa. Di dalamnya mengandung nilai budaya dan makna pengharapan yang sangat dalam. Jenang procot terbuat dari tepung beras, santan, dan gula jawa yang sekilas jenang ini mirip seperti bubur sumsum. Namun, yang berbeda adalah penambahan pisang raja di dalam jenang tersebut.

Pisang raja adalah simbol pengharapan agar kelak si jabang bayi menjadi anak yang berbudi luhur dan menjadi orang yang besar layaknya seorang Raja. Namun, seiring berjalannya waktu, tradisi membuat jenang procot sudah jarang sekali dilakukan.

Itulah sebabnya, saya ingin mengangkat jenang procot lebih di kenal sebagai salah satu kuliner juara. Harapan saya, semoga kuliner Indonesia terus maju dan nilai budayanya pun tidak akan pernah bisa lekang oleh waktu.

Berikut resep jenang pocrot, bila diperlukan:

Bahan:

– 100 gr tepung beras
– Pisang raja
– 700 ml santan
– 200 ml gula jawa cair
– Sejumput garam
– Daun pandan secukupnya
– Juruh/santan kental

Cara membuat :
Tuang santan cair dan gula jawa cair di sebuah panci. Lalu, masukkan tepung beras dan aduk hingga cair baru menyalakan kompor. Aduk terus hingga mengental, lalu masukkan pisang raja utuh. Angkat sajikan dengan juruh (santan kental).

Terima kasih
Salam hangat

Artikel ini disertakan dalam Lomba Menulis Kuliner Juara Kampung Halaman berhadiah belasan juta. rupiah ditambah voucher Food Tour dari Good Indonesian Food. Ayo ikutan! Info lebih lanjut, klik banner di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *