Logo Balanga

Getuk Lindri si Unik Imut Warna Warni

 Getuk Lindri si Unik Imut Warna Warni

Getuk lindri adalah kue khas Magelang yang banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kudapan ini sudah terkenal sejak zaman dulu dan banyak disukai karena harganya yang murah, mengenyangkan, dan rasanya enak.

Getuk lindri adalah modifikasi dari kue getuk yang hanya terbuat dari singkong dengan gula kelapa yang ditumbuk halus lalu diiris-iris.

Getuk lindri terbuat dari gethuk (singkong) sebagai bahan utamanya, ditambah gula pasir yang ditumbuk halus, vanili, margarin, dan pewarna makanan. Warna warni getuk lindri sangat menggoda mata. Ada warna hijau pandan, cokelat, krem, kuning, merah muda, dan putih.

Cara membuat getuk lindri cukup mudah. Pertama, singkong dikupas, kemudian dicuci bersih, lalu dikukus. Setelah matang, singkong ditumbuk hingga halus. Setelah halus, tambahkan vanili, margarin, gula, dan pewarna makanan.

Ciri khas getuk lindri selain warnanya yang menarik adalah bentuknya yang unik. Sebelum dihidangkan, getuk lindri dicetak menggunakan cetakan mie. Getuk yang panjang dipotong dan disatukan hingga berbentuk kotak. Getuk lindri biasanya dihidangkan bersama parutan kelapa agar rasanya semakin nikmat.

Seporsi getuk lindri bisa didapatkan mulai harga lima ribu rupiah sampai dengan sepuluh ribu rupiah, tergantung berapa banyak getuk lindri yang dipesan. Biasanya, getuk lindri dijajakan berkeliling di gerobak yang menyetel lagu campur sari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *