Coffee of The Month, Cara Excelso Kenalkan Kekayaan Kopi Indonesia

Sejak pertengahan tahun 2019, kafe Excelso rutin memperkenalkan ragam kopi nusantara. Khusus bulan ini, tersedia single origin Flores Bajawa. Sebelumnya, sempat tersedia Java Halu dan Kerinci Honey.

“Kopi Indonesia itu banyak sekali,” ujar Area supervisor Excelso, Apriyanto Sastro, saat berbincang santai di Excelso Senayan City, Jakarta, Kamis, 26 Desember 2019.

Hanya saja, program Coffee of The Month baru bisa dinikmati di Jakarta dan Surabaya saja.

Menurutnya, Excelso memperkenalkan beragam jenis single origin agar lebih banyak orang Indonesia mengenali ragam kopi asli negeri ini. Selain single origin yang bersifat seasonal, tersedia juga single origin yang selalu ada.

Misalnya Java Arabica, Sumatera Mandheling, Kalosi Toraja, dan Luwak Toraja. Excelso juga memiliki signature coffee yaitu avocado coffee yang juga menjadi favorit banyak pengunjung.

Selain jenis kopi, Excelso juga menawarkan beragam penyajian kopi. Untuk Flores Bawaja misalnya, pelanggan bisa memilih cara penyajian sesuai selera. Apakah ingin diseduh menggunakan mesin, dengan teknik French press, atau syphon brew.

Teknik penyeduhan syphon brew akan menghasilkan kopi yang tak terlalu asam, sehingga cocok untuk peminum kopi pemula dan aman bagi penderita masalah lambung. Teknik penyeduhan ini juga menghasilkan aroma kopi yang relatif lebih wangi.

Bagi peminum kopi yang mengutamakan body kopi dan tak masalah dengan tingkat keasaman tinggi, bisa memilih penyeduhan menggunakan mesin. Sedangkan French press akan menghasilkan kopi dengan aroma, keasaman, dan body yang terbilang sedang.

Franchise Excelso

Bagi penikmati kopi yang mencari peluang bisnis di tahun baru, Apriyanto menawarkan franchise Excelso. “Estimasi sekitar Rp2 miliar, sudah semua termasuk interior. Jadi franchiser enggak perlu pusing. Tentu saja budget akan menyesuaikan dengan lokasi. Kalau tempatnya kecil, enggak sampai segitu,” jelasnya panjang lebar.

Kesempatan franchise Excelso sudah dibuka sejak 2009. Para franchiser yang ingin memulai usaha ini harus memenuhi sejumlah persyaratan, antara lain memiliki badan usaha, serta membayar royalti Rp350 juta yang berlaku selama lima tahun.

Apri menambahkan, setiap pemilik usaha akan diberikan jarak radius jadi tidak akan saling sikut antara satu outlet dengan yang lainnya.

Hingga kini, Excelso sudah memiliki cabang sekitar 135 outlet di seluruh Indonesia termasuk Jababeka, Sumatera, Papua, Sulawesi, Ambon dan juga Balikpapan.

“Proses dari awal pengajuan sampai selesai bisa dilakukan dalam waktu tiga bulan. Asalkan, tempatnya sesuai dan franchiser telah memenuhi persyaratan yang sudah diajukan tadi,” tambah Apri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *