Logo Balanga

Berbeda Warna Berbeda Citarasa Namun Tetap Menyatukan Kita  

 Berbeda Warna Berbeda Citarasa Namun Tetap Menyatukan Kita  

Sate padang, dengan kuah kental dan aroma yang menggugah selera.

Sate asal Sumatera Barat ini adalah hidangan khas dari tiga daerah, yaitu Padang Kota, Padang Panjang, dan Padang Pariaman.

Sate Padang Panjang memiliki warna kuah kental dengan warna kekuningan, berasal dari kunyit yang dominan dalam bumbunya. Sate dari daerah satu ini biasanya mengeluarkan aroma yang lebih kuat dan rempah-rempah yang jauh lebih terasa.

Berbeda lagi dengan Sate Padang Pariaman yang punya warna kuah cenderung merah karena cabai dalam bumbu yang dominan. Sate dari daerah ini punya rasa pedas yang lebih dari kedua daerah lainnya.

Sementara Sate Padang Kota adalah perpaduan dari Padang Panjang dan Padang Pariaman, dengan warna kuah sate yang cenderung kecoklatan.

Yang berbeda dari sajian sate yang satu ini adalah bahan dasarnya yaitu daging dan lidah sapi. Selain itu, beberapa penjual juga menggunakan jeroan lain seperti usus, jantung, dan paru sapi.

Ciri khas dari sate padang sendiri terletak pada bumbunya, yang terbuat dari racikan cabai, bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, serai, dan bumbu lain yang dimasak bersama kaldu sapi. Tepung beras ditambahkan untuk mengentalkan bumbu lezat ini.

Sate Padang dapat dianggap sebagai representasi dari karakteristik umum hidangan tradisional Minangkabau, yaitu aroma rempah yang kuat.

(baca juga : Mie Kudai Khas Pulau Bangka)

Masyarakat Minang dikenal dalam kemahiran mereka mengolah bumbu dalam masakan. Citarasa pedas yang disajikan sate padang terbukti mampu menembus batas geografis yang dapat menyatukan selera nusantara.

Terlepas dari mitos negatifnya, sate padang punya nilai gizi yang banyak lho. Protein yang terkandung dalam daging sapi dapat menambah massa otot, mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia, selenium, dan zink untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Ada juga vitamin B kompleks yang dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Serta omega 3 untuk memelihara system saraf pusat dan lemak untuk sumber tenaga.

Jika dimakan dalam porsi sewajarnya, isu kolesterol dapat dihindari kok. Maka, berhentilah sebelum kamu ketagihan yaaa…

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *