Logo Balanga

Banyak Manfaat Baik dengan Mengonsumsi Ikan Arsik

 Banyak Manfaat Baik dengan Mengonsumsi Ikan Arsik

Bagi orang batak pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Makanan yang populer di Tapanuli ini sangat terkenal karena bumbu kuning khasnya yang berasal dari rempah-rempah pegunungan Sumatra utara.

Rempah-rempah tersebut seperti andaliman, kecombrang, asam cikala, dan bawang batak. Bumbu dalam ikan arsik juga dicampur dengan bumbu-bumbu yang umum dipakai memasak seperti lengkuas, serai, dan cabai (jika ingin pedas).

Percampuran berbagai bumbu membuat rasa ikan arsik menjadi lebih lezat dan menggiurkan.. Ternyata, selain rasanya yang enak dan lezat, ikan arsik juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan dalam ikan arsik dan bumbu-bumbu yang dicampurkan ternyata memiliki banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaatnya untuk kesehatan.

1. Baik untuk aliran darah

Makanan yang berbahan utama ikan mas ini ternyata banyak mengandung minyak ikan di dalamnya yang bermanfaat mencegah penyumbatan pembuluh darah (ateroklerosis).

Selain itu, bumbu yang dicampurkan pada ikan arsik juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan darah. Seperti kecombrang yang dapat membantu membersihkan darah dan bawang batak yang membantu menyeimbangkan kandungan berbahaya dalam darah.

2. Baik untuk kesehatan kulit

Memiliki kulit yang sehat dan halus pasti menjadi keinginan banyak orang. Ternyata ikan arsik memiliki manfaat untuk membuat kulit halus dan sehat.

Kandungan omega 3 dalam ikan arsik yang tinggi ternyata membuat kulih halus sementara kecombrang dalam ikan arsik mampu mengatasi berbagai penyakit kulit seperti campak, cacar, dan berbagai penyakit lainnya.

3. Baik untuk tulang

Pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar penyakit osteoporosis, yaitu penyakit pengapuran terhadap tulang karena kekurangan kalsium dan fosfor.

Ternyata untuk mencegah penyakit tersebut dapat dengan memakan ikan arsik karena terdapat kandungan omega 3 dan asam lemak omega-6 atau asam arakidonat dalam ikan mas yang dimasak.

Selain itu, salah satu bumbu yang digunakan dalam memasak ikan arsik, yaitu andaliman atau biasa disebut merica batak.

Di dalam andaliman terkandung banyak mineral dalam jumlah kecil yang penting untuk mencegah osteoporosis di antaranya fosfor (107 mg), zat besi (2,9 mg), mangan, dan fosfor. Kandungan mineral ini sangat penting untuk kepadatan mineral tulang yang seiring bertambahnya usia akan menurun.

4. Baik untuk yang lagi diet

Bagi yang lagi diet enggak usah takut gendut apalagi merasa berdosa karena makan ikan arsik. Meskipun ikan arsik merupakan makanan dengan bahan utama daging, tapi ikan arsik tidak bikin gendut karena memiliki kadar kalori yang rendah.

Bumbu yang digunakan untuk memasak ikan arsik pun memiliki kandungan lemak yang rendah seperti andaliman hanya memiliki kandungan lemak sebesar 1 gr. Jadi, untuk yang lagi diet mungkin bisa menjadikan ikan arsik sebagai menu dietnya juga.

Disclaimer 
Konten ini merupakan karya Belanga Contributor. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Jika keberatan dengan konten ini, silakan kontak redaksi melalui e-mail ke belanga.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *