Ayam Betutu, Sajian Sedap dari Pulau Dewata

Ayam Betutu
Ayam betutu (Foto: yukwisatakuliner.blogspot.com)

Ayam betutu adalah makanan khas Pulau Dewata yang berasal dari daerah Gianyar. Masakan ini diciptakan oleh Ni Wayan Tempeh pada tahun 1976. Ni Wayan Tempeh berasal dari Abianbase, Gianyar.

Ni Wayan Tempeh menjual ayam betutu bersama suaminya yang berasal dari Bangli, I Nyoman Suratna, di Terminal Lama Gilimanuk. Usaha ini kemudian dilanjutkan oleh anak-anaknya.

Kelezatan ayam betutu yang legendaris pun menyebar ke seluruh Bali dan berbagai daerah Indonesia. Bahkan, jenis kuliner ini terkenal di kalangan turis mancanegara. Salah satu daerah di Bali yang terkenal dengan Masakan ini yang paling enak adalah Desa Melinggih di Kecamatan Payangan, Gianyar.

Baca juga: Sate Lilit Hidangan Istimewa Masyarakat Bali

Selain sebagai santapan yang nikmat disajikan sehari-hari, ayam betutu juga kerap disajikan sebagai hidangan dalam upacara adat dan upacara keagamaan. Kuliner ini dapat ditemukan di berbagai rumah makan, restoran, sampai hotel di Bali. Masakan ini memiliki citarasa yang pedas. Kuahnya kaya akan bumbu rempah dan sangat terasa lezat di setiap suapannya.

Cara memasak ayam khas Bali ini cukup unik, yaitu dibakar dengan api sekam. Sebelum dibakar, bumbu-bumbu akan dimasukkan ke dalam perut ayam, kemudian ayam dibungkus dan ditanam ke lubang di dalam tanah dan ditutup menggunakan bara api. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memperoleh citarasa yang gurih, tekstur yang empuk, dan aroma yang sedap dari sekam.

Selain dengan api sekam, cara masak ayam ini juga bisa dengan merebus. Sebelumnya, ayam perlu direndam bumbu rempah citarasanya supaya meresap hingga daging dan tulang.

Kuliner khas Bali ini biasa disajikan dengan plecing gonde. Plecing ini terdiri dari daun gonde rebus yang dicampur sambal terasi. Daun gonde memiliki rasa sedikit pahit. Dimakan bersama nasi dan ayam betutu membuat rasanya lebih segar.

Selain plecing gonde, ayam betutu dilengkapi sambal matah khas Bali yang terkenal sangat sedap. Sambal ini terbuat dari campuran irisan cabai, bawang merah, daun jeruk, serai, dan minyak.

Ke Bali rasanya tak lengkap lho kalau tak mencicipi atam betutu. Jangan lupa cobain ayam betutu ya kalau kamu lagi traveling ke Bali. Sedapnya ayam betutu berpadu dengan sambal matah dan daun gonde tak ada duanya.

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up