Pie Susu Bali, Nikmatnya Tiongkok & Portugis Dalam Satu Gigitan

Pie susu Bali
Pie susu Bali (Foto: simplydelicious.id)

Bali adalah salah satu pulau Indonesia yang kaya akan budaya, baik lokal maupun pendatang. Budaya yang membaur dan hidup tenteram satu sama lain menghasilkan berbagai santapan lezat khas Pulau Dewata.

Salah satunya adalah pie susu. Pie bukanlah kuliner asli Bali, melainkan dibawa bangsa Portugis yang bertandang di sana.

Namun, ada yang mengatakan bahwa bangsa Tiongkok ikut menulis sejarah pie susu Bali. Isian egg custard khas Hongkong dipadukan dengan pie crust renyah khas Portugis.

Hongkong juga punya egg tart yang nikmat, tetapi pie crust-nya berbeda dengan pie susu Bali. Pie Hongkong memakai puff pastry, sedangkan pie Bali memakai short-cut pastry yang renyah.

Untuk pie crust Bali, bahan dasarnya adalah tepung terigu, telur, dan margarin. Isian tengahnya atau custard dibuat dari susu kental manis, kuning telur, dan gula halus. Baik pie crust atau isian sudah banyak dijual secara eceran. Jadi, kamu hanya perlu menggabungkannya sesuai selera.

Baca juga: 

Cara pembuatan pie susu Bali membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Untuk pie crust-nya, campur tepung terigu, telur, gula halus, dan margarin dalam satu wadah. Aduk hingga adonannya menyatu dan padat, kemudian cetak dalam loyang bulat yang disebut “pepelan”.

Untuk vla atau egg custard, campur susu kental manis dan kuning telur hingga mengental. Kamu juga bisa menambahkan perasa seperti esens vanili, cokelat bubuk, dan lainnya.

Selanjutnya, tuang egg custard dalam cetakan pie. Panggang dalam oven hingga matang dan sajikan selagi hangat. Pie susu bisa dibilang matang ketika pie crust-nya sudah cukup garing dan kecokelatan, sedangkan egg custard-nya lebih padat.

Baca juga: 

Awalnya, pie susu khas Pulau Dewata hanya dibuat satu rasa saja yakni vanili. Seiring berkembangnya kuliner Indonesia, pie susu mulai dikreasikan dengan beragam varian rasa. Sebutlah cokelat, stroberi, kacang, dan keju.

Pie susu memilki dua ukuran, yakni mini dan besar. Isian pie susu besar lebih tebal, sedangkan pie susu mini terasa lebih manis. Tekstur crust yang renyah dipadu lembutnya vla custard, cocok dijadikan teman minum teh atau kopi bersama keluarga.

Selain kudapan, pie susu juga sering dijadikan oleh-oleh khas Bali. Santapan manis gurih ini dapat bertahan sekitar 10 hari dalam suhu ruang atau dua minggu dalam lemari pendingin.

Siapa yang kangen dengan nikmatnya pie susu Bali? Kamu bisa menemukannya secara online atau toko-toko kue tertentu di kotamu!

Suka? Vote Artikel Ini!

0 0
Shabrina Anggraini
Written by
Doyan nulis, icip-icip makanan, ngemil, dan bereksperimen di dapur.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Lost Password

Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.

Sign Up